Ground Strap Bikinan, Cuma Rp 15 ribu Power Bisa Nambah!

Motorplus - Rabu, 25 Juni 2014 | 13:06 WIB

Murah, gampang dibuat dan bermanfaat

Percaya gak percaya, pasang ground strap di kabel koil bisa tingkatkan power mesin hingga 0,31 hp. Angka kenaikannya memang tidak terlalu besar. Tapi, terbilang lumayan karena biaya yang dikeluarkan untuk membuat ground strap tidak lebih dari Rp 15 ribu.

Yang lalu sempat dibahas penggunaan ground strap di kabel koil. Bukan ground strap yang dibeli jadi, tapi dibuat sendiri menggunakan serat kabel yang bisa didapat dari lapisan kabel antena TV. Ternyata banyak juga bikers yang penasaran apakah penggunaan ground strap bisa meningkatkan power mesin?

Lilitannya bungkus pakai isolator agar terlihat lebih rapih

Nah, buat ngilangin penasaran itu, sekaligus mencari tau bagaimana efek pemasangan ground strap, motorplus-online.com akan lakukan uji di atas mesin DynoMite buatan Amerika. Praktiknya di motor Yamaha New V-ixion Lightning (NVL) rakitan 2013.

Dalam kondisi standar, dari 6 kali run NVL raih peak power tertinggi 13,96 hp/ 8.961 rpm. Torsi maksimalnya 11,77 Nm /7.898 rpm. Selanjutnya koil standar dicopot, lalu kabel koilnya dipasangi ground strap. Lilitannya, pakai serat kabel yang buat melilit kabel antena TV. Diambil dari kabel antena sepanjang 4 meter yang bisa ditebus seharga Rp 15 ribu. Serat kabel ini dililit merata di atas permukaan kabel koil. Jangan lupa, sisakan bagian ujungnya sepanjang 10-20 cm. Bagian ini untuk dikaitkan ke massa. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular