Piston Z1 Makin Sip Jika Dibarengi Porting Polishing Saluran Masuk Plus Buang

Motorplus - Rabu, 16 Juli 2014 | 11:44 WIB

Saluran masuk dan buang diporting

Kelebihan pakai piston Z1, jenisnya sudah forging. Lebih tahan panas dan kompresi tinggi, serta bidang geseknya lebih kecil. “Mungkin cuma 40%-nya tuh,” bilang Ugi, punggawa FoutyOne Motorsport di Depok Timur, Jawa Barat.

Keuntungan yang akan didapat, friksi dalam silinder sangat kecil. Sehinga putaran mesin bisa lebih enteng. Ditambah, karena desainnya lebih kompak, bobot piston jenis ini biasanya lebih enteng dari piston jenis casting.

Namun pemasangannya di Scoopy FI butuh penyesuaian. Sebab tinggi bibir piston Z1 terhadap lubang pennya lebih tinggi 0,3 mm dari piston standar. Jadi, mesti dipangkas selebih itu (0,3 mm).

Tapi, jangan dibabat rata ya, bro. Cukup selebar 3 mm atau boleh sampai 3,75 mm saja. Sisanya, buat dibikin dome. Biar gak keder, lihat gambarnya di samping. Ongkos ngebubutnya sekitar Rp 35 - 50 ribuan.

Oh iya, jika ingin hasil performa yang lumayan, pemakaian piston ini bisa dibarengi dengan porting polishing saluran masuk plus buang. Lalu knalpot pakai jenis free flow. Trus, untuk dapat akselerasi cepat di putaran bawah, roller diganti pakai 9 gram rata. Per CVT-nya yang spek 1.500 rpm. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular