Honda GL Max 1998 Manado, 99 % Chopper Handmade

Motorplus - Jumat, 18 Juli 2014 | 19:23 WIB

Chopper karya Rocker Custom (RC) ini sukses sabet gelar The Best Chopper pada event Mantos Auto Contest (MAC) ke-8 di kota Manado, Sulawesi Utara baru-baru ini. Jarahan choppernya ajib melekat di Honda GL Max. Detailnya rapi jali. Asyiknya, ubahan GL Max ini handmade 100%.

“Bodi dan sasis sudah full bikinan sendiri. Jadi cuma mesin yang dipakai,” bisik Ignatius, punggawa RC yang bermarkas di kawasan Bahu, Manado.

Chooper atau ngechope artinya memotong. Rangka dibuat baru oleh Rocker. Sasis hasil penggabungan beberapa potongan pipa yang diameternya berlainan.

“Tangki dan bodi belakang yang dibentuk sekalian jadi sepatbor, dibikin dari pelat. Depan pakai setebal 0,9 mm, belakangnya pakai yang lebih tebal karena untuk menopang beban,” bebernya.

Suspensi depan lumayan unik. Mengejar nuansa retro, Rocker menerapkan gaya springer. “Belakangnya dibikin hard tail alias tanpa suspensi. Swing arm rigid menyambung ke sisi dalam sepatbor belakang,” bilang Rocker.

Tak kalah kreatif, mesin direkayasa jadi V-Twin ala H-D. Dengan cara memasang mesin boongan di belakang silinder utama. Walaupun hanya satu saja yang berfungsi, tapi sanggup bikin melotot.

Apalagi rantai roda diganti dengan belt yang dipindah ke sebelah kanan motor. Bisa dibikin seperti itu setelah dirancang girboks tambahan yang menghubungkan sisi kanan mesin untuk mentransfer tenaga dari gir ke puli pemutar belt. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Velg dpn/blkg: Custom 17”/18”

Ban depan: FDR 90/80-18

Ban belakang: Battlax 200/55-17

Setang: Cuntom model V bar

RC Custom: 0821-9641-8125

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular