Begini Cara Buka ECU, Aki ,Koil, Busi, Sein Depan Dan Bohlam Headlamp

Motorplus - Minggu, 13 Juli 2014 | 15:04 WIB

Posisi aki dan ECU tadi sudah disebutkan di bawah jok penggendara. Sekarang, giliran cara bukannya. Buka jok belakang pakai kunci kontak.

Di bawah situ, ada dua baut (+) untuk buka cover penghubung bodi kanan-kiri. Setelah terbuka, terlihat ada baut L-5 pengikat jok depan. Bila sudah dibuka, di sana akan langsung tampak aki dan juga ECU-nya.

Meski slow moving part, bisa saja koil muncul masalah. Di R15 posisinya tersembunyi di bawah tangki. Untuk menjangkaunya, ambil kunci T-10, lalu copot dua baut pengikat tangki yang ada di ujung depan.

Trus, angkat tangki ke atas, koil akan langsung terlihat. Melepasnya, kendurkan dua baut 10 mm. Lalu cabut soket kabel yang menuju ke busi.

Posisi busi di sisi kanan cylincder head. Untuk lihat posisinya, lepas dulu fairing kanan pakai kunci L-4 dan L-5.

Posisinya di luar sebelah belakang fairing yang terlindung karet cover. Tinggal buka karet pelindung, langsung terlihat komponen seinnya.

Ada di belakang fairing. Buka cover pakai kunci L4. Cabut soket, tarik karet pelindung. Tekan besi pengikat, lalu copot lampu. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular