Center Of Gravity Kawasaki Ninja RR Mono

Motorplus - Selasa, 12 Agustus 2014 | 10:37 WIB

Bobot di roda depan 69 kg, di roda belakang 73 kg

Bobot total yang dimiliki Kawasaki Ninja RR Mono, merupakan yang paling ringan di antara keempat motor yang dites oleh motorplus-online.com. Setelah ditimbang, RR Mono ditribusi bobotnya terpaut 4 kg antara roda depan dan belakang.

RR Mono yang ditimbang kali ini memang sudah upgrade. Knalpot sudah menggunakan racing buatan Nassert Beet. Serta footstep juga aplikasi Nassert Beet. Membuat center of gravity berubah dari kondisi standar.

Di timbangan, roda depan terukur 69 kg dan roda belakang ada di angka 73 kg. Saudara dari New Ninja 250 ini, mirip kakaknya dengan titik berat yang cenderung ke belakang. Posisi titik keseimbangan dari tanah ke CG (Y) ada di angka 68,3 cm, sedangkan jarak CG terhadap sumbu roda bagian depan (X) = 37,2 cm.

Letak CG di Ninja RR Mono ada di bagian bawah bak kopling. Artinya dengan wheelbase 133 cm, CG dari Ninja RR Mono berada sedikit ke belakang dari titik tengah wheelbase. Dari jarak center of grafity yang condong ke belakang, distribusi bobot Ninja RR mono sedikit terbuang ke belakang.

Namun membesut RR Mono lebih mudah karena titik CG lebih rendah. Ditambah derajat sok depan enggak terlalu centang. Makanya walau bobot berada di belakang untuk melahap tikungan lebih mudah dan enak. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular