Center Of Gravity Honda CBR250R

Motorplus - Selasa, 12 Agustus 2014 | 20:16 WIB

Bobot di roda depan 75 kg, di roda belakang 83 kg

Distribusi berat antara roda depan dan belakang, Honda CBR 250R punya 8 kg lebih besar ke arah belakang. Bagian roda depan, punya berat 75 kg. Sedangkan di bagian belakang memiliki berat 83 kg. Sedikit kurang seimbang dibanding kompetitornya.

Posisi center of gravity CBR 250R, ada di dekat poros gir depan. Ini setelah dihitung, dari jarak as depan menggunakan rumus CG. Jarak X = 72,3 cm dan Y = 34,5 cm. 

Dengan wheelbase 137, 8 cm posisi center gravity dari CBR250R selisih sekitar 3 cm dari posisi center gravity yang ideal untuk motor yang memiliki tenaga 26,17 hp ini. Makanya distribusi bobot bakal berat ke belakang.

Hasilnya, saat riding bobot ditransfer ke belakang sehingga mempengaruhi nuansa berkendara. Selain itu, centang sok depan CBR 250R terlihat tegak dibanding Ninja RR Mono.  Ini membantu pengendalian lebih enak.

Namun akan lebih enak lagi kalau tangki selalu terisi penuh. Membuat pengendalian lebih seimbang. Pihak Honda merancang ketika tangki dianggap penuh. Jadi, buru-buru isi bensin deh jika sudah berkurang banyak isinya. Agar handling tetap nyaman dan seimbang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular