Teknik Menikung Marc Didukung Peran Elektronik yang Katanya Mulai Dikurangi?

Motorplus - Kamis, 7 Agustus 2014 | 21:22 WIB

Sampai 40% peran sensor eletronik dimatikan

Teknik menikung Marc tidak dimiliki pembalap lain di kelas para raja. Tapi, inilah yang jadi keunggulannya dibanding pembalap lain. Di balik style elbow slider alias menikung dengan sikut, engineer Repsol Honda untuk Marc menset ulang Honda RC213V untuknya.

Paling utama Santi Hernandez, Kepala Engineer untuk motor Marc, mengurangi peran sensor elektronik di RC213V. Tapi, jangan salah paham dulu. Yang dimaksud mengurangi sensor elektronik, bukan berarti berkurangnya beberapa titik sensor.

Secara umum ada tiga bagian elektronik utama yang berkaitan dengan sensor di motor sekelas RC213V. Tiga sensor ini terdiri dari sensor torsi, sensor traksi, dan sensor pengereman. Nah, sensor torsilah yang dikurangi perannya oleh Marc. Ini yang enggak dilakukan pembalap lain saat ini.

Keuntungan menurunkan peran sensor torsi, paling jelas saat menikung. Seandainya membiarkan sensor torsi bekerja 100% bekerja di RC213V yang dipakai Marc, pasti tidak akan mungkin terlihat Marc masih bisa sesekali melakukan rear wheel stering alias manuver dengan roda belakang sliding.

Hitungan sederhananya tinggal 60%-70% sensor torsi bekerja di motor Marc. Di sinilah peran teknik Marc bermain. Teknologi dijinakan manusia. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular