Modifikasi Suzuki Satria F-150 Harlan Fadhilah, Rahasianya Ada di Head!

Motorplus - Kamis, 14 Agustus 2014 | 17:00 WIB

Untuk bisa melesat cepat secara konstan, tidak harus dengan power mesin besar. Nih, buktinya! Besutan milik Harlan Fadhilah yang belum lama ini sukes menjuarai kelas psort 150 cc pada IRS seri 2 di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, tenaga dapur pacu Suzuki Satria F-150 Harlan ini ketika didyno di atas mesin Dynojet 250i buatan Amrik milik Bintang Racing Team (BRT), berhasil raih power 23,5 hp. Namun, pencapaian segitu justru kerap undang masalah di trek. Ketahanan dan kestabilan mesin suka tergangu.

Dari pengalaman itu, bengkel racing yang bermarkas di Cibinong, Jawa Barat ini coba ramu ulang dapur pacunya. Utak sana, atik sini. Power diturunkan sedikit jadi 22,75 hp, dengan torsi 12,95 Nm/12.000 rpm. “Power gede tidak menjamin bisa menang. Durability dan kestabilan performanya pegang peran penting,” tukas Tomy Huang, bos BRT.

Buktinya, ubahan mesin masih seperti sebelumnya. Rasio kompresi diset 11,8: 1 pakai piston jenong Wiseco untuk Kawasaki Ninja 250 yang diameternya sama kayak Satria F-150 (62 mm). Termasuk, porting saluran masuk dan buang yang diukur flowbanch.

Profil kem pun masih menerapkan durasi 281° di bagian ex (membuka di 61 sebelum TMB, dan menutup di 40 setelah TMA) dan 267° pada in (membuka di 31 sebelum TMA, dan menutup di 56 setelah TMB). Lift klep ex 8,18 mm dan in 8,38 mm. “Secara keseluruhan tidak ada ubahan signifikan di mesin. Hanya saja, ada bagian di head yang didesain spesial untuk menjaga durability. Sehingga, sanggup digeber di putaran tinggi dalam waktu lama,” bisik Tomy Huang. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : FDR 90/80-17

Ban belakang : FDR 90/80-17

Knalpot  : R9 Racing

Sok belakang: Kayaba

Kaliper rem: Nissin

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular