Ride For Borneo 2014, Selamatkan Hutan Kalimantan

Motorplus - Sabtu, 2 Agustus 2014 | 20:22 WIB

Misi pelestarian lingkungan

Enam orang aktivis ProFauna Indonesia yang juga bikers berkampanye pelestarian hutan dan orangutan Kalimantan. Mereka melakukan kampanye unik, keliling Kalimantan nyemplak trail Husqvarna. Dalam kampanye bertajuk ‘Ride for Borneo 2014’ itu, aktivis ProFauna mengunjungi hutan-hutan di Kalimantan yang menjadi habitat orangutan.

Salah satu tujuan dari perjalanan ini, yakni mendokumentasikan situasi terkini hutan Kalimantan yang semakin menyempit yang mengancam kelestarian satwa langka seperti orangutan.

Dirikan tenda untuk bermalam

Event dilaksanakan pada 25 April hingga akhir Mei 2014. "Perjalanan dimulai dari Kalsel menuju Kaltim. Dari sana menembus belantara hingga perbatasan Indonesia-Malaysia," papar Rosek Nursahid, Chairman Profauna.

Sebagian besar rute yang ditempuh berupa jalan off-road. Sehingga dibutuhkan persiapan matang sejak 6 bulan lalu. Salah satu rider cewek yang ikutan, Made Astutti, mengatakan, “Kegiatan Ride for Borneo 2014 ini bukan kegiatan petualangan biasa.

Illegal logging merusak habitat Orangutan Kalimantan 

Namun, punya misi konservasi hutan. Karena tim akan melakukan kampanye, edukasi dan pendokumentasian hutan terakhir di Borneo,” jelas rider yang naik Husqvarna TE 250.

Sepanjang perjalanan, Profauna menemukan berbagai fakta kerusakan lingkungan. Salah satunya illegal logging alias pembalakan liar. Kepedulian semua pihak termasuk pengendara dapat menyelamatkan ekosistem hutan Borneo. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular