Malfunction Indicator Lamp (MIL), Arti Kedipan Kalau Tunggangan Injeksi Rusak

Motorplus - Kamis, 21 Agustus 2014 | 08:49 WIB

Kerusakan pada sistem injeksi bisa dideteksi lewat MIL

Motor injeksi, pasti terdapat lampu indikator oranye di layar speedometer. Namanya MIL (Malfunction Indicator Lamp). Biasa disebut juga indikator check engine, akan menyala beberapa detik setelah kunci kontak diputar ON.

Wajarnya indikator ini menyala 2-3 detik saat kontak baru ON.Tapi, bukan tidak mungkin lampu check engine ini berkedip beda. Atau malah tidak mau nyala sama sekali. Seperti yang dialami Rendy asal Jakarta.

Pria yang sehari-hari mengendarai Vario 125 PGM-FI ini pernah menemukan lampu indikator check engine ogah berkedip. “Padahal kunci kontak sudah diputar ON, lampu tidak nyala sama sekali,” tuturnya. Anehnya, mesin masih mau dihidupkan. “Tapi, saat motor jalan, larinya mbrebet gitu,” imbuhnya.

Lantas dibawa ke bengkel resmi. “Jika berkedip, coba perhatikan berapa jumlah kedipannya. Kerusakan sistem injeksi bisa didiagnosa dari kedipan indikator check engine,” buka Anang Jumarli, mekanik Honda Festival, Tangerang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular