Ada Masalah Pada Motor Injeksi Bisa Dilihat Dari Jumlah Kedipannya

Motorplus - Kamis, 21 Agustus 2014 | 12:54 WIB

Lakukan teknik jumper dari jalur soket 33p ini ke massa

Untuk mengetahui adanya masalah pada motor injeksi bisa dilihat dari jumlah kedipannya. Misalnya MIL berkedip 7 kali, pertanda Engine Oil Temperature (EOT) atau Engine Coolant Temperature (ECT) masalah. Jika kedip 8 kali, throttle body problem. Sedang 12 kali injektor, 21 kali O2 sensor dan 33 kedipan Electronic Control Modul atau ECM masalah.

Pada kasus yang dialami Rendy (MIL gak mau nyala), diagnosa yang dilakukan dengan melepas sensor 33p yang terletak dibalik bodi depan. Caranya dengan melepas bodi depan lebih dalu. Akan terlihat soket hitam di kanan bawah. Persis dekat aki.

Setelah soket hitam ini dilepas akan terlihat 33 lubang 33. “Lakukan teknik jumper untuk mengecek kerusakan. Caranya, hubungkan terminal kabel putih/biru ke massa dengan kabel jumper, kemudian putar kunci kontak ke posisi ON,” jelas Anang.

Setelah ritual tersebut, MIL Vario 125 Rendy langsug normal lagi saat pertama kunci kuntak diputar ON. “Kemungkinan masalah ini disebabkan soket sensor 33p terkena kotoran atau percikan air. Jika MIL tidak mau nyala, coba cek juga bohlamp MIL-nya. Bisa jadi putus,” tutup Anang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular