Yamaha Mio Salatiga, Ruang Kompresi Disumpal Piston Tiger yang Bikin Podium

Motorplus - Minggu, 31 Agustus 2014 | 19:12 WIB

Di antara dominasi pacuan skubek tim-tim ternama, tiba-tiba muncul sebuah skubek garputala tim daerah yang curi perhatian di arena trek 201 meter. Yamaha Mio yang dijoki Bayu Ucil di kelas Matik s/d 200 cc tersebut mampu merengsek di urutan depan.

Meski hanya menempati posisi kedua dalam event kebut lurus di Cilacap, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, setidaknya skubek ini mampu tunjukkan taringnya bersaing di papan atas. “Itu belum maksimal. Ada komponen yang masih bisa ‘dimainkan’ lagi buat pangkas waktu,” beber Arya Aditya pemilik motor ini.

“Motor matik ini memang masih dalam taraf pengembangan untuk mencapai target yang kita inginkan,” beber Irfan, mekanik M_Tech Racing yang berada dibalik kencangnya motor ini. Apa saja bro ubahannya?

Untuk kejar kapasitas 200 cc, Irfan jejali piston aftermarket Tiger oversize 2.50 (66 mm). Dengan langkah piston yang masih standar, terhitung volume silinder bersih jadi 197,9 cc.

Lalu, buat pancing asupan gas deras ke ruang bakar plus melancarkan pembuangan gas sisa, profil kem dirancang ulang. Bumbungan kem in dibikin 267, sedang ex-nya 268. “Noken as ini kami bikin dari noken as mobil Honda Estilo. Materialnya lebih kuat,” beber Irfan yang akrab disapa Monyonk ini.

Menyesuaikannya, “Katup masuk pakai yang gede, yakni 33 mm. Sedang katup buangnya 28,5 mm,” tutur mekanik yang mangkal di Jl.Merak Gg. Jalak 04, RT.06/02, Klaseman, Salatiga.

Sebagai pemasok Pertamax Plus ke ruang bakar, diserahkan pada karburator Keihin PE berdiameter venturi 28 mm.

Pada sektor pengapian, mengandalkan CDI dari Kawahara Racing dipadukan dengan koil YZ125 buat melipatgandakan tegangan menuju busi. “Pakai koil YZ125, tegangan di busi bisa mencapai 30.000 volt. Sehingga percikan yang dihasilkan lebih besar dan kuat,” bebernya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

CDI         : Kawahara Racing

Koil         : YZ125

Knalpot     : Kawahara Racing

Klep In/ex     : 33/28,5 mm

M_Tech Racing     : 0857-1234-9961

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular