Jaga Kondisi Mesin Tetap Maksimal Meskipun Melewati Ujian Berbagai Macam Kondisi Alam

Motorplus - Selasa, 9 September 2014 | 19:13 WIB

Masih ingatkan agenda touring  Total  Java Endurance Journey (TJEJ) untuk menguji Total Oil Hi-Perf 3T Sport+ 10W-40. Touring yang menempuh jarak kurang lebih 2500 km sudah selesai dilalui. Ayo kita ikuti pengalaman tim rider MOTOR Plus dan motorplus-online.com, Radian Trijatnika (Obet) dan Edy Riyanto alias Edhot mencicipi berbagai kondisi jalanan. Menyusuri jalur utara dan kembali ke Jakarta lewat rute Selatan. Yang bisa dibagi menjadi tiga macam kondisi ektrim.

Maksimal Lindungi Mesin Di Rpm Tinggi Saat Libas Trek Panjang Dan Suhu Udara Panas

Selepas kota Karawang, duo rider yang juga kontributor MOTOR Plus mulai cicipi aspal jalan raya Pantura. Dengan dominasi jalur lurus dan dengan cuaca panas khas daerah pesisir pantai. Seperti pada jalan raya sepanjang daerah pantai Eretan, Indramayu. Menuntut perlindungan ekstra buat mesin. Apalagi saat berputaran di Rpm tinggi. Komponen seperti kepala silinder dan sulinder macam piston, ring piston, rocker arm serta sepatu klep.  

Kedua rider MOTOR Plus mengaku Enjoy geber Suzuki Inazuma. Mengimbangi kecepatan rombongan TJEJ yang geber gas. “Kondis mesin tetap stabil. Tidak ada gejalah tenaga turun karena mesin kepanasan. Meski mesin disiksa berkecepatan tinggi dengan suhu udara disekitar yang panas,” jelas Obet.

Jaga Komponen Pentransfer Tenaga Tetap Awet

Keluar dari profinsi Jawa Barat, keduanya memasuki kota Brebes Jawa Tengah. Dan mulai masuk jalur selatan melewati Daerah Khusus Yogyakarta dan kembali lagi ke kota Solo di profinsi Jawa Tengah. Lalu lintas jalur ini lebih padat. Dan dikombinasikan tanjakan, turunan dan terdapat beberapa titik kemacetan. “Akselerasi motor ditanjakan tidak ada perubahan. Total Oil Hi-Perf 3T Sport+ 10w-40 sanggup melindungi permukaan kampas kompling tetap awet,” kali ini giliran Edhot yang memberi kesaksian.

Kondisi jalan hampir sama saat perjalanan rute Malang, Yogyakarta, Pangandaran, Ujung Kulon, Jakarta. Bahkan terbilang lebih Ekstrim saat memasuki Pangandaran dan Ujung Kulon. Total Oil Hi-Perf 3T Sport+ 10w-40 tetap maksimal melindungi komponen pemindah tenaga.

Kekentalan Stabil Di Suhu Dingin Gunung Bromo

Paling menguatirkan saat perjalanan jajal kualitas Total Oil Hi-Perf 3T Sport+ 10w-40 ini dilanjutkan memasuki propinsi Jawa Timur. Menuju Malang dari jalur selatan. Dan diteruskan bejek gas merayap naik ke Gunung Bromo. Kali ini pelumas Total Hi-Perf 3T Sport+ 10w-40 bakal diuji pada suhu dingin. Melawan kondisi alam Gunung Bromo yang 2.392m di atas permukaan laut. Dengan suhu rata-rata 5’C – 20’C. Medan ekstrim permukiman suku Tengger ini dikuatirkan membuat oli membeku hingga mempengaruhi kinerja mesin.

Oli yang mengental membuat mesin memerlukan waktu lama mencapai suhu kerja ideal. “Tidak ada kendala di saat berada bibir lautan pasir Bromo. Mesin tetap tok cer saat tombol start ditekan meskipun udara sangat dingin,” kata Obet dan Edhot kompak keluar pendapat senada. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular