Pakai Kapur Barus Supaya Tikus Enggak Gigit Kabel

Motorplus - Minggu, 21 September 2014 | 14:15 WIB

Waspadalah.. waspadalah..! Hewan pengerat mengancam

Ninggalin tunggangan dalam jangka lama garasi atau gudang, ternyata bukan cuma khawatir jadi incaran para maling. Tapi juga bisa ‘disikat’ hewan pengerat kayak tikus dan sejenisnya. Wekkss.. macam mana tuh?

Kejadian menyebalkan itu baru saja di alami oleh Vierko. Pemilik Honda Spacy FI asal Jakarta ini terkejut mengetahui skubek berlambang sayap miliknya tersebut mendadak nggak mau hidup, setelah 2 minggu ditinggal di parkiran kantor. Saat akan dipakai kembali, doi cuma mendapati lampu indikator di panel spidometer berkedip-kedip tanda ada masalah di seputar komponen injeksi.

“Biar nggak salah, saya coba hubungi call center Honda buat memastikan apa akar permasalahannya. Sebab motor sama sekali tidak mau hidup dan hanya menunjukan kedipan lampu di panel spidometer. Apalagi kondisi aki benar-benar sehat. Saya nggak mau ambil resiko jika dikerjakan sendiri atau mekanik sembarang yang berpotensi membuat masalahnya jadi besar,” ujarnya.

Setelah datang mekanik resmi Honda lewat call center, dari hasil pemeriksaan si mekanik lewat kedipan lampu indikator, terdeteksi memang ada masalah di salah satu sensor yang mengarah ke ECU. Sehingga ECU tidak bisa memerintahkan komponen pengapian lain untuk menghidupkan mesin. Makanya motor tidak bisa hidup dan dipakai pada saat itu.

“Awalnya saat lalukan pemeriksaan di setiap bagian komponen sensor ECU, tapi tidak ada masalah yang terlihat. Namun persoalan baru terlihat ketika melacak setiap kabel dari sensor yang mengarah ke ECU. Ternyata ada salah satu kabel yang putus akibat digigit tikus. Otomatis, ECU memerintahkan sensor untuk memberi tanda,” papar Sahri mekanik Call Center Wahana Help Ciputat, Tangerang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular