Yamaha F1Z Temanggung Juara Nasional Senior

Motorplus - Senin, 6 Oktober 2014 | 13:30 WIB

Persaingan di ajang grasstrack kelas Bebek Modifikasi 2-tak Senior region Jawa, terbilang sangat ketat. Makanya Edi Ariyanto, tracker tim Malioboro City BMS, butuh perjuangan keras untuk jadi yang tercepat.

Seperti diperlihatkannya pada Kejurnas Grasstrack seri 7 pertengahan Agustus lalu di Tengaran, Semarang, Jawa Tengah. Tracker asal Temanggung ini harus berjibaku untuk menaklukkan pesaing terberatnya, Akbar Taufan. Tapi, didukung mental, skill, stamina, serta pacuan yang mumpuni, membuatnya punya kans kuat untuk sabet Juara Nasional pada kategori Senior.

Di moto 1, laju Yamaha Force 1 jebolan 1998 pacuannya sukses melejit terdepan hingga menyentuh garis finish. Sayang, perjuangannya di moto 2 hanya berbuah finish di posisi kedua. Tapi, itu sudah cukup untuk menjadikannya yang terbaik di kelas ini.

Prestasi gemilang tersebut tentu tak lepas dari dukungan performa pacuan yang diseting menyatu sama karakter Edi. Terlihat begitu nyaman diajak meliuk-liuk di semua kondisi lintasan yang dilaluinya. “Motor ini diseting sendiri oleh kakakku yang sudah paham dengan gaya balapku,” beber Edi.

Ubahan yang pasti dilakukan pada sektor mesin dan penguatan kaki-kaki. “Biar power dan torsi kuat, kapasitas mesin diperbesar sedikit pakai piston oversize 75. Setang pistonnya standar.Lalu, lubang masuk, transfer dan buang dikorek dikit,” beber Aris Rudiyanto, Mekanik sekaligus kakak kandung Edi.

Agar pembakaran lebih dahsyat, komponen pengapian diganti pakai punya Yamaha YZ125. Mulai koil, CDI hingga magnet. Pengapian motor SE ini memang sudah teruji mumpuni dalam membantu mengkail tenaga dari putaran bawah sampai atas.

Untuk pemasok bahan bakar, dipercayakan pada Keihin PWK berventuri 34 mm. Kelebihan karburator tipe ini kata Aris, responnya lebih cepat dan aliran bahan bakarnya deras di rpm tinggi. “Disamping itu, nyettingnya juga mudah,”akunya.

Pada sektor kaki-kaki, lantaran gaya balap Edi tergolong agresif, butuh sok yang mampu meredam goncangan mumpuni. Terutama bagian belakang. Makanya mereka percayakan pada produk Kayaba model tabung. “Sok belakang ini aku setel paling keras,” beber Edi. Ngono toh! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Sok depan     : YZ 85

Sok belakang     : Kayaba

Knalpot     : B-Pazz

Karburator     : Keihin PWK

Pengapian     : YZ 125

Tromol depan     : KLX

BMS         : 0813-28200977

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular