BMW R nine T Roadster-nya Kaum Urban

Motorplus - Minggu, 28 September 2014 | 16:32 WIB

Gaya riding santai, nyaman untuk turing dan harian. Cocok bagi kaum urban

Akhirnya.., kesempatan buat jajal salah satu roadster yang cukup disegani di dunia, datang juga. Apalagi kalau bukan BMW R nine T. Probike yang salah satu Importir Umum (IU) dan juga authorized dealer BMW di Jakarta, kasih EM-Plus kesempatan itu.

Tampilan modern ciri kaum urban, coba diberikan R nine T. Terlihat dari sosok upside down dan monosok yang dihadirkan dibagian suspensi depan dan belakang. Sedangkan tampilan depan, diperkaya desain headlamp bulat yang cerminan gaya pacuan classic. Namun, tampil modern di butiran dengan stoplamp pipih dengan lampu LED.

Paduan modern dan klasik

Namun, bukan itu saja yang menjadi nilai jual bagi pacuan asal Jerman ini. Melainkan, sosok engine yang diaplikasinya bersanding dengan gaya roadster yang dimiliki. Mesin boxer yang blok silindernya mencuat di sisi kanan-kiri, menjadi daya tarik sendiri kala menunggangi pacuan bertenaga 110 hp/ 7.550 rpm ini.

Simple and clean di bagian setang

Benar saja! Ketika tombol elektrik starter dipencet, raungan mesin yang dihembuskan diameter piston 101 mm X stroke 73 mm terdengar merdu di telinga. Lucunya, ketika grip gas diputar lebih dalam kala posisi transmisi netral. Motor seakan ikut bergerak ke sisi kanan rider.

Tapi, ketika pacuan yang memiliki tinggi jok 785 mm dari tanah ini dipacu, kondisi perpindahan bobot dari putaran mesin tak terjadi. Yang ada, motor malah stabil berlari untuk mengeluarkan torsi maksimalnya 119 Nm/ 6.000 rpm.

Gaya klasik terpancar di haluan, Tampak belakang, mesin pun mencuat ke sisi samping

Begitu juga kala cornering. Kestabilan R nine T yang ditopang ban 120/70-17 (depan) dan belakang 180/55-17, tak berikan gejala membuang.

Padahal ketika keluar tikungan, grip gas pun dibejek lebih dalam. Namun, motor yang berkapasitas 1.170 cc berpendingin udara dan oil cooler ini, tetap berikan kenyamanan riding. Terbayang kala dipakai buat aktivitas harian ataupun sekedar hang-out. Dengan riding position yang tak merunduk dan tangan mudah menggapai setang, pastinya akan tak menyulitkan dipakai di kemacetan ibu kota. Apalagi turing! (www.motorplus-online.com)

Probike : (021) 530-3249

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular