Line Up Motor Yang Pakai Turbocharged (Part I)

Motorplus - Selasa, 21 Oktober 2014 | 12:30 WIB

Diperkenalkannya Kawasaki Ninja H2R yang dilengkapi dengan mesin turbocharged baru-baru ini, berhasil menghebohkan bikers dunia. Banyak yang dibuat penasaran dengan performa mesin motor yang mengusung turbo. Padahal, jauh sebelum Ninja H2R terpikirkan untuk diproduksi empat pabrikan motor Jepang yakni Honda, Kawasaki, Suzuki dan Honda masing-masing sudah punya motor produksi dengan mesin turbocharged. Motor-motor ini sudah lahir sejak era 80-an.

Honda CX500 Turbo

Honda punya model CX500 Turbo sebagai andalan. Motor ini didukung mesin V-twin berkapasitas 497 cc dengan turbocharged. Maksimal powernya 82 hp yang setara dengan motor berkapasitas 650 cc lebih tanpa turbocharged. Pacuan ini juga telah mengusung sistem bahan bakar injeksi yang jadi cikal bakal teknologi PGM-FI yang sekarang banyak diadopsi di motor Honda.

Suzuki XN85

Pabrikan Suzuki mengandalkan model XN85 pada perang motor bermesin turbo di era 80-an. Dapur pacunya usung mesin 4 silinder segaris DOHC 8 valve berkapasitas 673 cc. Untuk desain, motor ini mengambil basis dari Suzuki GS650G's. Desainnya sama persis. Hanya, XN85 mendapatkan asupan tenaga lebih besar 20 hp sebagai nilai plus dari aplikasi turbo. Tenaga puncaknya sentuh 85 hp.

Untuk kelanjutannya sobat bisa lihat di tulisan part II. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular