Modifikasi Honda Mega Pro Jadi Yamaha YZ250F Mini

Motorplus - Sabtu, 10 Januari 2015 | 13:29 WIB

Wahidun, builder Spydo Bike Modified (SBM) Wonosobo, Jawa Tengah, lagi kepincut modif gaya trail adventure. Soale, kota yang beken dengan Mie Ongkloknya in punya banyak komunitas penggila adventure. Eksperimennya dilakukan pada Honda Mega Pro jebolan 2002 miliknya sendiri. Acuannya mengarah model Yamaha YZ 250F 2008. Jadinya modifikasi Honda Mega Pro jadi Yamaha YZ250F mini 

Ciri modifikasi Honda Mega Pro jadi Yamaha YZ250F mini, bodinya sederhana dengan menonjolkan kenyamanan dan juga ditambah sisi endurance tinggi khas adventure. Namun, modifikator yang mesra disapa Idun ini merancang bodi yang lebih mungil. Itu karena mengukur postur badan yang kecil juga. Dengan kata lain dimensi motor tidak dibikin sebesar YZ 250F asli.

Realisasi modifikasi Honda Mega Pro jadi Yamaha YZ250F mini, pilihan roda cenderung lebih pendek dengan kombinasi ring 19” (depan) dan 16” (belakang). Komponen ajrutannya pun menyesuaikan. “Sok depan saya pakai YZ 85 yang lebih pendek. Jika pakai YZ 125 atau YZ 250 terlalu tinggi,” papar modifikator yang buka gerai di Jl. Banyumas Km.5, Kalierang Rt 3/II, Selomerto, Wonosobo.

Komponen sikilan buritan hasil custom. Acuannya tetap pada sisi kenyamanan handling. Ayah satu putra ini konsen membuat konstruksi yang lembut dengan penerapan monoshock Kawasaki Ninja 150 yang dicustom ulang. Sistem kerjanya model unitrack yang dirancang pada swing arm handmade. Dudukan atas sok nemplok ke sasis tengah.

Selain mengejar kenyamanan, Idun juga pandai merangkai sasis baru. Rangka asli Megy yang digunakan hanya bagian komstir saja. Selebihnya custom dewek. Untuk main frame, Idun pakai pipa besi 3 mm yang dibuat kekar layaknya pacuan motorcoss. Bentuk kotak ini dibuat halus seperti model alumunium asli. Caranya, dibuat guratan las kayak sambungan sasis alumunium.

Sedang untuk dudukan mesin bagian bawah, dibuat ulang pakai pipa 22,5 mm. Termasuk down tube depan yang diolah lagi agar lebih kuat menggendong mesin Tiger yang lumayan besar. Untuk finishing, Idun bikin bodi dengan berbagai macam komponen gado-gado. Namun, pola dan modelnya tetap mengacu pada YZ 250. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Swallow 70/90-19

Ban belakang

: Swallow 90/100-16

Pelek

: KLX 150S

Teromol

: KLX 150S

SBM : 0852-9261-7705

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular