Cara Lepas Rantai Yamaha V-ixion

Motorplus - Rabu, 31 Desember 2014 | 07:00 WIB

Lepas rantai cukup lepas as roda

Yamaha V-ixion lawas maupun Lightning menggunakan rantai tanpa sambungan. Ini cara lepas rantai Yamaha V-ixion

Tanto, mekanik Yamaha Halilintar di Tanjung Priok, Jakarta Utara punya trik jitu cara lepas rantai Yamaha V-ixion. Katanya melepas rantai V-ixion mudah, apalagi mengadopsi sistem monosok. “Tinggal lepas as rodanya. Setelah itu, rantainya tinggal digeser dan dilepas,” sebut mekanik bertubuh tinggi itu.

Tanto mengakui, mekanik yang tidak paham cara lepas rantai Yamaha V-ixion tanpa sambungan, justru memotongnya. Setelah dipotong, mereka membuat sambungan baru. Ini tak disarankan. Karena membuat rantai jadi tidak awet.

Rantai tanpa sambungan, dilengkapi o-ring untuk menahan gemuk. Jika dibuatkan sambungan, gemuk hilang.

Baiknya jangan dibuat sambungan

Namun bagi yang ingin mengganti rantai V-ixion orisinil miliknya dengan rantai yang bertipe memiliki sambungan, Tanto tak melarang. Karena tidak ada efek negatif yang timbul selama ini dari para konsumen yang sudah mencobanya.

“Karakter rantai sebenarnya sama saja kok, para rider V-ixion yang ingin pakai rantai ada sambungan yang beredar di pasaran pun tak masalah. Tapi, saya sarankan lebih baik tetap menggunakan rantai tanpa sambungan orisinal Yamaha. Karena lebih awet dan tidak mudah putus,” terang mekanik murah senyum ini.

Dan, satu hal lagi. Sebaiknya, gunakan juga rantai sesuai anjuran pabrik jika memang pacuan sobat masih standar. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular