F1Z Garuk Tanah Tanpa Part Racing Tapi Berpretasi

Motorplus - Sabtu, 25 Oktober 2014 | 15:30 WIB

Tos bro dulu sama bro Asep Qwu (Kuwu), pemilik Yamaha F1Z lansiran ‘95 ini. Doi ingin motornya berprestasi alias juara, meski tampil seadanya. “Tanpa spare part racing ternama nih,” ujarnya dengan logat sunda kental.

Qwu yang mantan pembalap liar tetap ingin menyalurkan hobinya. Tapi, kali ini pada lahan garuk tanah alias grasstrack. Namun karena faktor ‘U’ (usia), pengegasnya diserahkan pada tetangganya yang masih SMP.

Dalam menyiapkan F1Z agar siap tempur, Qwu menghubungi kawan lama yang sekarang menjadi mekanik, yakni Asep Bancet dari bengkel JART Banjar, Jawa Barat. Oleh Bancet, oprekan pada dapur pacunya diawali dari ratio gear. “Saya ganti pakai punya F1Z keluaran lebih muda, tahun 2000,” paparnya.

Kemudian bearing kruk as ditukar pakai punya Kawasaki Ninja 150R. Dilanjutkan mengorek lubang isap, transfer dan buang. Kepala silinder dipapas 2 mm dan kubahnya dibuatkan skuis dengan sudut 14 buat dongkrak kompresi. Dikombinasi piston oversize 50. Lalu, magnet dibubut sebanyak 1,5 mm untuk mengurangi beban mesin.

Karbu tetap menggunakan standar motor. Hanya setting pilot jet dan main jetnya. Saluran gas buangnya pun masih pakai bawaan motor, namun dibobok saringan dalamnya agar pembuangan gas sisa lebih lancar.

Kelar garap mesin, giliran Qwu memperkuat rangka. Tetangga bengkel las pun dimintai bantuan. Beberapa bagian rangka diperkokoh biar kuat melibas medan keriting.

Ia menambah tulang di atas centerbone. Lalu, dari tengah ke belakang, Qwu rancang frame baru. Swing arm kini dijepit rangka tambahan yang terbuat dari pipa besi.

Lanjut ke kaki-kaki. Sok depan diganti RX-King. Belakangnya andalakan produk YSS. Lalu, roda depan dijejali pelek ukuran 1,40x19” dan buritan pakai 1,85x16”. Hasilnya, beberapa kali sukses sabet podium kelas lokalan. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek depan 

: Variasi 1,40x19”

Pelek belakang : Rossii 1,85x16”

Knalpot  

: Standar bobok

Magnet

: Bubut 1,5 mm

Sasis : Custom

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular