Vespa Primavera Kencang Pakai Part Jepang!

Motorplus - Selasa, 11 November 2014 | 18:14 WIB

Hendra Axo tampil gemilang di event Scooter Prix 2014 seri ke-3 yang berlangsung di sirkuit karting, Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Apalagi, di kelas Vespa 4-tak 125 cc-150 cc Full Tune Up non seeded. Meski dua kali terlempar dari tunggangan, pembalap tim Skye PPC Motorsport ini masih bisa finish di urutan ke-2.

Selain skill mumpuni, motor yang digunakan juga spesial. Vespa Primavera lansiran 2013 ini sudah banyak adopsi part motor Jepang. Paling unik di sektor pengapian dan injeksinya, pakai milik Yamaha New V-ixion Lightning.

“Mulai kabel bodi, koil, throttle body, hingga injektor pakai punya V-ixion. Kalau ECU pakai BRT Juken 3 yang khusus buat V-ixion. Setingannya disesuaikan sama karakter mesin Primavera,” ucap Rodolf Sahartian yang rawat motor ini.

Menurut mekanik yang akrab disapa ‘Bolot’ ini, pemasangan part V-ixion di Primavera tidak terlalu rumit. Paling, terasa sulit saat mengganti satu set kabel bodi saja. Selebihnya langsung pasang. Enaknya lagi, biaya bikin set pengapian ini masih lebih murah dibandingkan harga piggyback buatan Italia.

Ubahan dari part V-ixion hanya ada di bagian throttle body saja. Agar asupan bahan bakar bisa lebih banyak masuk, throttle body direamer lagi jadi 31 mm. Untuk injektor, masih dibiarkan standar. Pasalnya, dengan injektor standar saja angka AFR saat dites dyno masih bagus. Jadi, tidak perlu diubah.

Di bagian mesin, oprekan banyak dimaksimalkan di area head silinder. Durasi buka tutup klep dimainkan lewat custom ulang profil kem. Bagian in diset 285°, sedangkan durasi kem ex dipatok 272°. Setelah dihitung, angka lift mencapai 13 mm dengan LSA 108°. Wow..!!

“Lift memang sengaja dibuat setinggi itu. Biar klep enggak mentok, posisi dudukan klep diatur ulang. Dibuat triangle karena mesin Primavera adopsi tiga klep,” tambah Bolot yang dibantu Gombos Tepepa dalam meracik motor ini.

Sektor CVT banyak adopsi part motor Jepang. Roller, aftermarket Suzuki Spin. Roller dimodif lagi agar beratnya rata 4,6 gram, biar seimbang gir rasio yang dibikin  ringan. Per CVT 2.000 rpm dari part aftermarket Honda Vario 125. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban

: Heidenau

Magnet

: Custom

Kaliper rem

: Brembo

Sok belakang

: Bitubo

Sok depan : Bitubo

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular