Legend & History Tentang Isle Of Man

Motorplus - Jumat, 7 November 2014 | 07:15 WIB

Trek benar-benar menantang

Brother yang doyan balap jalanan wajib tahu sedikit ikhwal Isle Of Man. Zona balap yang jadi legenda dunia. Tempatnya ada di antara Irlandia dan Inggris, persis di tengah laut Irlandia yang eksotis. Disebut eksotis karena jalanannya menantang speed junkie, dihiasi kastil-kastil kuno Eropa Jaman jadul, gunung batu dan museum.

Tak cuma keren buat balapan,  pulau ini menyediakan aktivitas lain semisal rock climbing, keliling kota pakai trem atau berenang barengan ikan hiu. Orang sana berbahasa asli Manx dan tahu betul sejarah bangsa Viking dan kisah-kisal lokal seperti kisah hantu anjing dan cerita rakyat lainnya.

Menyimak jalanan yang keren dan menantang, pemerintah setempat pede membuat event balap  kerjasama dengan The Automobile Club of Great Britain  tahun 1904. Evennya sendiri berjuluk the Gordon Bennett Challenge Cup Race. Pemda Isle Of Man bekerja keras mensukseskan road race ini.

Buktinya, mereka bisa mengeluarkan peraturan menutup jalan-jalan utama yang tak mungkin dilakukan di negeri lain, katakanlah Inggris. Penampilan perdana mereka hanya balapan mobil.
Nah,  baru 1905 para pembalap motor diajak ikutan balapan sebagai selingan balapan mobil.

Baru tahun 1907, punya balapan sendiri. Sejarahnya, The Auto Cycle Club yang merupakan kepanjangan tangan dari The Automobile Club of Great Britain, ingin mengkampanyekan motor sebagai tranportasi paling efisien dan murah. Para pembalap harus geber di 10 lap dalam jarak 10 mil.

Jalur di sebuah pulau

Pada Mei 2007  sampai sekarang  digelar event yang sudah seratus tahun lebih ini. Kelas yang dilombakan juga bervariasi, ada balapan motor klasik, solo dan sespan. Race meliputi kelas 250 cc dan 350 cc. Untuk jaman sekarang, lomba yang paling bergengsi tentunya kelas superbike kapasitas mesin 500 cc ke atas.

Di ajang ini, persaingan  antar pembalap dan merek motor sungguh ketat. Tak cuma itu, ajang ini cukup berbahaya karena balapan di sela-sela kota dan pegunungan. Tak sedikit pembalap yang tewas di ajang ini, salah satunya sang legendaris Joe Dunlop. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular