Umur Bohlam 3 Kali Lebih Lama

Motorplus - Rabu, 12 November 2014 | 19:20 WIB

Tersedia untuk semua tipe motor dengan sistem lampu depan DC (lead)

Sejak peraturan siang hari mesti nyalain lampu depan (headlamp), tak sedikit biker mengeluh lampu depan cepat keok. Mending kalau harga lampunya murah, soale pada beberapa varian, ada yang banderol lampu depannya lumayan mahal. Contoh kayak bohlam lampu depan Honda CB150R yang bisa mencapai Rp 300 ribuan.

Nah, atas dasar itu PT Trimentari Niaga (TN) yang tenar dengan CDI dan ECU stand alone BRT-nya, bikin sebuah modul penghemat daya headlamp untuk motor, dinamain BRT Smart Lamp. Jadi, bila aplikasi modul seharga Rp 300 ribu ini, kala siang sampai masuk sore hari yang intensitas cahayanya kuat (lebih dari 1.000 lux), keterangan lampu otomatis akan berkurang atau redup sendiri hingga 50%.

“Begitu masuk sore sekitar jam 5-an (cahaya matahari kurang dari 800 lux), keterangan lampu menguat jadi 75%. Baru kemudian pada malam hari, atau pas lagi di basement atau di terowongan yang kapasitas cahayanya kurang adari 200 lux, keterangan lampu jadi 100%,” terang Tomy Huang, bos PT TN.

Sensor bisa ditempatkan di dasbor

Modul Smart Lamp keluaran BRT ini memanfaatkan photo sensor sebagai pembaca intensitas cahaya di sekitar motor. “Bukan pakai LDR, karena LDR cara kerjanya hanya sebagai cut off. Ketika cahaya sekitar kuat, dia memutuskan arus. Beda dengan photo sensor yang kerjanya membaca variable intensitas cahaya,” terang Tomy.

Masih kata Tomy, modul ini bisa memperpanjang umur bohlam hingga 3 kali lebih lama, serta menghemat pemakaian aki hingga 30%. Nah, buat yang tertarik, meski modul ini baru akan dilaunching 15 November mendatang, kalau mau pesan sekarang langsung saja kontak BRT di nomor telepon (021) 8790-8958. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular