Kipas Magnet Sembarang Ganti Mesin Jebol

Motorplus - Selasa, 23 Desember 2014 | 07:13 WIB

pilih yang mirip dengan standar 

Jangan pernah kepikiran kalau ganti kipas magnet di skubek, enggak akan pengaruh ke mesin. Kipas magnet sembarang ganti mesin jebol

“Kipas magnet dirancang khusus untuk membantu pendinginan mesin. Asal ganti bahaya. Apalagi di mesin skubek balap, power bisa turun, malah mesin bisa jebol,” ujar Ahin, Direktur Engineering Tong Yah Electronic Technology Co., Ltd, produsen Koso Taiwan. Koso juga produsen kipas magnet untuk skubek. 

Meski aslinya dari luar Indonesia, enggak tahunya Ahin tahu banget kalau di pasaran, banyak beredar komponen pembuat angin aftermarket untuk rotor skubek. “Bobot kipas dan siripnya sangat berpengaruh untuk mendinginkan. Jadi sirip di kipas bukan cuma pemanis,” kata Ahin.

Ahin kasih penjelasan detail soal sirip kipas. Sirip komponen pembikin angin harus bisa membuat udara secara cepat. “Saya lihat ada di aftermarket, jarak antar sirip di kipas lebar-lebar. Desain seperti itu bermasalah. Pasti angin yang dibikin tidak sebesar bawaan standar,” kata pria yang berambut cepak.

Artinya, kipas magnet sembarang ganti mesin jebol. “Paling aman sebaiknya pilih kipas yang bentuk sirip dan beratnya persis dengan yang standar,” tutup Ahin. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular