Ban Diisin Nitrogen Enggak Boleh Dicampur Oksigen

Motorplus - Sabtu, 27 Desember 2014 | 13:08 WIB

Sobat bikers pernah denger tentang mitos kalo ban tubeless, gak boleh sembarangan diisi nitrogen? Katanya sih bisa bikin tekanan ban cepat tinggi. Sehingga riskan pecah. Bener gak sih ban diisi nitrogen enggak boleh dicampur oksigen? Yuk, kita langsung tanyakan pada ahlinya.

“Sebenarnya baik ban tube type maupun tubeless, boleh-boleh saja diisi nitrogen. Hanya saja, ketersediaan nitrogen saat ini masih jarang di Indonesia, terutama di daerah. Apabila sudah pakai nitrogen, trus ketika tekanan ban kurang dan ditambah pakai angin biasa, maka khasiat dari nitrogennya akan hilang,” terang Dodiyanto, selaku Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk.

Dari segi kualitas, lanjut Dodiyanto, nitrogen sebenarnya bikin ban jadi lebih awet dibandingkan dengan angin biasa. “Nitrogen memiliki sifat lebih dingin dibanding angin biasa. Selain itu, nitrogen tidak terpengaruh pada perubahan suhu. Karena ketika kita berkendara lama, suhu dalam ban bisa saja meningkat lantaran cuaca atau gesekan ban ke aspal,” tambahnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular