Ninja 150 Pakai Water Pump Mercy

Motorplus - Jumat, 19 Desember 2014 | 06:05 WIB

Komponen pendinginan mesin Kawasaki Ninja 150R yang paling penting water pump. Namun, pompa di Ninja 150R bekerja mekanis alias berdasarkan putaran mesin (lewat putaran kruk as). Repotnya, bila mesin dioprek yang membuat suhu mesin meningkat drastis, kadang butuh sirkulasi cairan yang cepat, agar suhu mesin tidak cepat tinggi. Solusinya Ninja 150 pakai water pump Mercy

Nah, mengakali hal itu, beberapa mekanik balap terapkan trik ini.  “Kalau di Mercy disebut electric water pump (EWP). Mereknya Bosch dari Jerman,” papar Ahmad Junaidi, mekanik D2M di Kalimalang, Jakarta Timur. Selain mengalirkan cairan secara cepat, pompa radiator elektrik juga tidak membebani kruk as. Sehingga putaran mesin lebih cepat dan tenaga kebuang.

Cara Ninja 150 pakai water pump Mercy sediakan wadah untuk menampung air radiator. Jangan lupa juga mengeluarkan oli yang ada di dalam mesin. Lanjut membuka bak kopling, setelah itu copot bagian cover water pump, lalu tanggalkan gear spur water pump dan impeller (gir yang merotasi air).

Jika sudah, pasang kembali bak kopling seperti semula. Kemudian pasang EWP-nya, dengan memotong selang menjadi dua bagian. Laliu selipkan EWP di antaranya. Jangan lupa buatkan stop kontak untuk mengoperasikan EWP-nya. “Setrumnya bisa langsung mengambil dari aki atau lewat kunci kontak. Kelar itu masukan kembali air radiator coolant,” tuntun Aga Wahyu Pradipta pemilik toko Squarpant di Tangerang, Banten.

Beres deh! Tuang lagi cairan radiator dan oli ke tempatnya semula. Tapi, usahakan yang baru ya! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular