Cara Membaca Kode Ukuran Pelek

Motorplus - Rabu, 14 Januari 2015 | 17:00 WIB

Kode angka perbandingan ukuran pelek 

Pelek diproduksi dengan berbeda ukuran. Tentu sebagai pembesut roda dua kita harus ngerti ukuran pelek yang digunakan. Ukuran pelek yang sudah beredar biasanya menggunkan standar DOT (Department of Transportation). Ukuran pelek biasanya tertulis dibibir bagian luar. Meski begitu, ada cara membaca kode ukuran pelek

Makanya dengan standar DOT tadi, pelek yang beredar di Indonesia menggunakan satuan inci untuk menentukan ukuran pelek. Jadi, bukan centimeter atau milimeter seperti satuan yang biasa kita gunakan. Nih cara membaca kode ukuran pelek

Misalnya ukuran tertera di bibir pelek tertulis 5,00 x 17. Bukan 5.00 dikali 17 sama dengan 85 he..he.., melainkan angka 5,00 artinya pelek memiliki lebar 5 inci. Angka 17 melambangkan ukuran diameter ring pelek 17 inci.

Faktanya ada juga penulisan yang dibalik seperti 17 X 2.50. "Penulisan tata letak angka itu tergantung perusahan pelek yang memproduksi. Pembacaannya sama seperti tadi dibahas, yang menandakan 17 adalah ring atau diameter pelek dengan satuan inci. Angka 2.50 menandakan lebar pelek 2,50 inci," kata Wahidin, pembuat pelek dari bengkel Black Orchid.

Bila pembacaan angka tadi dikonversikan kedalam penulisan baku Bahasa Indonesia, lebar 2.50 inci, dieja jadi 2,5 inci.

1. MENGUKUR LEBAR

Mengukur lebar pelek, bukan dari bibir terluar, melainkan dari lekukan pertama pelek bagian dalam. "Pengukuran manual lebar pelek bisa dilakukan dengan menggunakan jangka sorong. Bila hasil pengukuran ada perbedaan angka, memang sebagian produsen memberikan angka toleransi lebar, itu pun tidak terlalu extrime," kata Benny Rachmawan, Research & Development Mitra2000, penyalur merek TDR Racing.

2. DIAMETER PELEK
Patokan diameter pelek masih sama di bibir pelek bagian dalam. Diameter pelek didapat lewat pengukuran secara diagonal, maksudnya satu titik bertemu titik itu lagi dan enggak terputus.

"Pengukuran ini bisa menggunakan meteran yang dalam satuan inci. Seperti meteran baju. Kalau mau akurat bisa pakai penggaris baja," jelas Wahidin.   

Jadi, begitulah cara membaca kode ukuran pelek. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.