Tes Bohlam Untuk Lampu Depan

Motorplus - Jumat, 23 Januari 2015 | 05:31 WIB

Untuk tes bohlam untuk lampu depan dengan membandingkan pantulan cahaya, EM-Plus manfaatkan kamera DSLR. Metode pengujiannya, setiap bohlam dipasang pada motor yang sama bergantian. Putaran mesin yang juga dibuat sama. Setelah itu, pantulan cahayanya diukur dengan kamera DSLR yang seluruh pengaturannya diset manual. Setingnya sama untuk semua bohlam, jadi perbedaannya bisa terlihat akurat.

Dari gambar yang ditampilkan terlihat perbedaan karakter hasil dari tes bohlam untuk lampu depan masing-masing bohlam. Ada yang cahayanya bias dan ada yang fokus di tengah. Kadar keterangannya juga berbeda-beda. Untuk jelasnya bisa lihat gambar langsung.

Terlihat pancaran bohlam OEM cukup luas dan lumayan fokus. Sedangkan bohlam Philips sinarnya lebih fokus dibanding OEM. Osram lebih fokus lagi namun hanya menjangkau area tidak terlalu luas. Pancaran cahaya bohlam Indoparts tidak jauh beda dari Osram, namun sedikit kalah fokus. Bohlam tanpa merek pancaran cahaya terlihat menyebar dan tidak terlihat bagian yang jadi fokus. (www.motorplus-online.com)

Merek     Suhu bohlam             Mika headlamp

Indopart  66 derajat celcius      42 derajat celcius

Osram     71 derajat celcius      42 derajat celcius

OEM       81 derajat celcius      41 derajat celcius

Philips   62 derajat celcius      44 derajat celcius

Murah     78 derajat celcius      43 derajat celcius

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular