Pasang Saklar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha Nouvo

Motorplus - Senin, 9 Februari 2015 | 11:00 WIB

Sederhana tapi boleh ditiru pasang saklar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha Nouvo. Pasalnya, pada tanda fungsi tiap-tiap saklarnya, akan telihat menyala di malam hari seperti efek glow in the dark. Mirip kayak di mobil. Soalnya, ada lampu LED-nya di balik panel. Begitu saklar lampu senja atau lampu utama dinyalakan, semua indikator saklar langsung benderang.

Selain itu, kelebihan pasang saklar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha Nouvo ini adalah tersedianya tombol engine cut yang memudahkan mematikan mesin tanpa harus memutar kunci kontak.  Juga ada juga tombol passing lamp yang cukup unik. Kenapa unik? Karena ketika lampu dekat menyala lalu dipassing, maka lampu jauh akan menyala dan otomatis lampu dekatnya mati. Jadi, tidak nyala bareng kayak passing lamp motor kebanyakan. Contohnya kayak punya Honda Tiger.

“Ini akan menguntungkan bagi yang masih menganut sistem half wafe (lampu depan mengikuti tenaga mesin). Sebab, cahaya bohlam gak akan redup ketika dipassing, dikarenakan arus lampu hanya terbebani satu bohlam saja,” terang Rizki Supriadi alias Bazil, warga Jatibening, Bekasi, Jawa Barat yang sudah mengaplikasinya di Yamaha Nouvo.

Sementara kalau dua bohlam sekaligus, sudah pasti cahaya lampu akan sedikit redup karena beban kelistrikannya lebih besar. “Tapi ini hanya berlaku untuk yang masih menganut sistem lampu depan AC. Kalau udah sistem full wave, ya gak masalah,” imbuhnya,

Bazil menambahkan trik pasang saklar Bajaj Pulsar 135 di Yamaha Nouvo, “Saklar ini apabila mau diaplikasi di motor Yamaha Nouvo tinggal menyesuaikan soket dan mengatur posisi kabel saja, dan memodifikasi sedikit bagian kabel gas. Lalu, perlu bikin lubang pengunci di sebelah bawah kiri setang, karena kuncian saklar ini ada di bawah. Sementara bawaan Nouvo ada di sebelah atas. Jadi, dalam ulasan ini hanya menunjukkan posisi kabel untuk disamakan dengan kabel asli nouvo.

“Tapi, trik ini otomatis akan mematikan sistem AHO (Automatic Headlight On) pada motor sudah menganut AHO. Akan berguna ketika lewat gang senggol yang banyak ditongkrongi akamsi (anak kampung sini, red), hehehe…,” kekeh Bazil. Oh iya, harga panel saklar Pulsa 135 ini bisa ditebus dengan mengeluarkan tiga lembar uang warna merah alias Rp 300 ribu. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular