Pasang Alat Pemantau Suhu Mesin Mobil Rp 95 Ribu

Motorplus - Jumat, 20 Maret 2015 | 11:00 WIB

Suhu yang terjadi di mesin motor sobat, bisa dipantau dengan pasang alat pemantau suhu mesin mobil Rp 95 ribu. Tapi, duitnya bukan ditempel ke mesin loh. Melainkan buat jadi mahar untuk menebus seperangkat temperature gauge mesin mobil. Banyak pilihan merek pengukur suhu ini. Yang paling murah ya Rp 95 ribu tadi. Sekali-kali main ke bengkel mobil untuk cari part ini.

“Alat ini enggak makan arus listrik untuk bekerja. Hanya saja, untuk lampu penerangan di dalam tabung masih membutuhkan aliran listrik. Sedikit mengambil dari aki,” terang Rizky Fauzi owner O’M2S yang buka workshop di Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga No. 16, RT 004 RW 01, Cipondoh, Tangerang.

Ikatkan stik temperature gauge di head pakai pelat besi

Pasang alat pemantau suhu mesin mobil Rp 95 ribu di tempat sesuai selera sobat, misal di setang. Buatkan breket untuk memegang part ini. Di alat pengukur suhu ini, terdapat dua kabel merah dan hitam untuk menyalakan lampu. Ini contoh untuk pemasangan di Honda Tiger. “Tempelkan kabel hitam ke baut di sekitar part ini. Sedangkan, kabel merah ke kabel warna hitam setelah kunci kontak, supaya saat kunci dalam keadaan on lampu akan menyala,” terangnya.

Setelah lampunya menyala, giliran bikin berfungsi pengukur suhu mesinnya. Cari posisi pas untuk jalur kabel temperature gauge menuju ke head silinder. “Awas jangan sampai kabel ini dipotong, bisa rusak,” wanti pria yang baru dikaruniai anak kedua ini. Buatkan breket yang terbuat dari pelat besi tebal 2 mm, yang diikatkan di baut kepala silinder.

Ikat ujung stik temperature gauge yang terbuat dari kuningan, ke breket yang tadi sudah dibuat. Ikat dengan cara digulung. “Setelah semua beres, tentunya temperatur engine sobat langsung bisa di pantau di layar monitor,” candanya. Jangan sampe ketinggalan sama motor sport yang sudah adopsi temperature engine dari lahir, bro! Monggo dipraktekan! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular