Modifikasi Yamaha Scorpio Dengan Konsep Bobber

Motorplus - Jumat, 20 Maret 2015 | 08:15 WIB

Agus Purnomo Rivai awalnya hanya ingin Yamaha Scorpio-nya dibikin apik. Tapi, doi yang menjabat sebagai ketua Yamaha Scorpio Club gak mau besutan miliknya mengikuti tren saat ini, yaitu konsep café racer. Pilihannya modifikasi Yamaha Scorpio dengan konsep bobber. “Kalau cafe racer terlalu mainstream ah, bro” tukasnya.

Tapi, Yamaha Scorpio dengan konsep bobber yang dipakai bukan yang harus potong sana potong sini. Melainkan hanya membuat bodi jadi ramping dengan meminimalisir bagian-bagian yang tidak perlu. Lalu, tapak ban dibuat lebar. Berbagai variasinya ia cari sembari motor dirombak. Untuk lebih menguatkan konsep bobber yang dimaksud, diboyong beberapa parts yang merupakan copotan dari Harley-Davidson.

Bengkel modifikasi F-16 Motor di Jl. HOS Cokroaminoto No. 16, Ciledug, Tangerang ditunjuk sebagai tempat modifnya. Total biaya modif yang dikeluarkan mencapai Rp 17 juta. Apa saja sih ubahannya?

Tahap awal Yamaha Scorpio dengan konsep bobber seluruh bodi asli Yamaha Scorpio ditelanjangi, hanya menyisakan mesin dan rangka. Tangki dibuat custom menggunakan bahan plat galvanis. Menurutnya, tangki custom ia dapatkan dari temannya dengan cara barter cincin Red Baron asal Pacitan miliknya seharga Rp 500 ribuan. Bodi samping juga menggunakan plat galvanis yang dicat menggunakan kelir biru tua metalik.

Sok depan bawaan dilengserkan. Gantinya pakai punya Yamaha Byson agar terlihat lebih kekar. Namun, perlu sedikit ubahan di komstir. Kemudian dijejali pelek Baros ukuran 3,0x17” yang dibalut ban Swallow Street Enduro ukuran 120/80-17. Sedang di bagian belakang, lengan ayun dicustom dari bahan besi. Lalu, ditemplok pelek semerek dengan lebar 4,25 inci. Bannya Heidenau ukuran 150/70-17 yang ia beli di online store. Sementara sok belakangnya pakai merek Scarlet Racing. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek     : Baros 3,0x17” dan 4,25x17”

Ban  depan     : Swallow Street Enduro 120/80-70

Ban belakang  : Heidenau 150/70-17

F-16 Motor    : 0822-1155-5516

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular