Saling Tukar Throttle Body Yamaha Xeon RC Untuk Yamaha Mio J Dan X-Ride

Motorplus - Minggu, 26 April 2015 | 20:55 WIB

EM-Plus pernah menyinggung substitusi injector pada skubek Yamaha injeksi series. Itu, pakai injector milik Yamaha V-ixion yang punya 6 lubang semprot. Maka, kali ini EM-Plus akan menyinggung tentang substitusi throttle body (TB) sesama skubek Yamaha. Sekarang giliran saling tukar throttle body Yamaha Xeon RC untuk Yamaha Mio J dan X-Ride

Sejatinya throttle body adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pengkontrol aliran udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar. Jika motor sudah naik kapasitas mesin, maka tentunya suplai udara dan bahan bakar kudu disesuaikan, yaitu ditambah. Makanya, kudu tahu saling tukar throttle body Yamaha Xeon RC untuk Yamaha Mio J dan X-Ride

“Mengganti TB dengan yang lebih besar, logikanya sama dengan mengganti karburator standar dengan karburator berdiameter lebih besar. Pastinya, bakal lebih enak tuh performa motornya. Apalagi kalau udah bore up pakai piston diatas 55 mm,” jelas Hidayat alias Acky, punggawa Optima Motor di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur yang mau kasih trik ini.

Masih menurut Acky, saling tukar throttle body Yamaha Xeon RC untuk Yamaha Mio J dan X-Ride ada juga cara lain. Paling mudah bagi pembesut Yamaha Mio J, Mio GT, Mio Soul, hingga Yamaha X-Ride yang ingin tarikan motornya lebih enteng setelah proses bore up, dapat mengganti TB standar motor mereka yang berukuran 24 mm pakai punya Xeon RC atau GT125 yang berukuran 26 mm. “Soalnya paling pas,” tambah mekanik beranak satu ini.

Sebab, nyaris enggak ada ubahan yang perlu dilakukan jika menerapkan trik ini. Itu karena semua soket Yamaha Mio injeksi series dan Yamaha X-Ride serupa dengan Yamaha Xeon RC, “Palingan cuma menyesuaikan karet joint throttle body yang ke filter udara aja, digedein dikit,” tambahnya.

Sebenarnya kalau mau lebih sip, sobat masih bisa ubah dengan TB Yamaha V-ixion yang punya diameter 28 mm. “Namun, harus ubah soket,” tutup Acky. Mau coba? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular