Modifikasi Honda Prima Jadi Bebek Adventure

Motorplus - Jumat, 8 Mei 2015 | 18:30 WIB

Sugeng Wahyudi salah satu biker yang enggan jika mengikuti trend choppy cup untuk motor kesayangannya. Makanya, warga Jombang ini coba berkolaborasi dengan GDZH Custom Cycle untuk membuatkan konsep baru yang terlihat lebih macho. Jadilah modifikasi Honda Prima jadi bebek adventure

Pilihannya jatuh pada model scrambler. Maklum, di Jombang lagi musim adventure. Itu yang membuat Dana Prasetya mengubahnya bergaya tersebut, supaya bisa diajak melewati hutan belantara. Makanya, modifikasi Honda Prima jadi bebek adventure

“Ubahannya lebih ke permainan kaki-kaki yang kuat. Selain itu, suspensi juga dibikin lebih menarik dengan link cage adjustable di bagian belakang,” terang modifikator yang beralamat di Jl. Gubernur Suryo, Gg. IV No. 17, Jombang, Jawa Timur, yang modifikasi Honda Prima jadi bebek adventure.

RANGKA

Mengikuti tema scrambler, Dana memotong sub frame dari atas suspensi belakang. Kemudian, dibuatkan ulang dari plat galvanis setebal 1 mm. “Dibikin lebih garang dan lebih pendek dari roda belakang. Sebenarnya, lebih mirip choppy cup sih. Hanya saja yang ini lebih dibikin lebih terlihat menungging,” jelas Gondezh panggilan akrab Dana.

RODA & SOK DEPAN

Ini yang dibilang bagian terpenting, tengok saja kaki-kaki sudah berubah total. Buat melahap trek yang tidak rata, satu set pelek berukuran 1,60x17” (depan) dan 1,85x17” (belakang) dikawinkan dengan ban khusus off-road ukuran 3.00X17 dan 3.50X17. Sehingga nuansa bebeknya langsung beda banget.

Sok depan diganti pakai milik Yamaha V80. Dengan begitu jarak ground clear makin aman deh,” ucap bapak 2 anak ini.

SOK BELAKANG

Kalau mencermati suspensi belakang sudah enggak pakai double sok, justru Dana mengubahnya pakai monosok. Eits, tapi yang ini justru nggak seperti biasanya. Dana meletakkannya di bawah tangki depan dengan link cage adjustable.

“Bikin dari plat 6 mm, pakai bushing dan bearing supaya sok bisa ada rebound. Selain itu sok bisa diseting dengan 5 titik rebound. Mulai dari lembut hingga keras,” jawab juragan GDZH Custom Cycle ini.

Data Modifikasi :

Ban depan     : Swallow, 300-17

Ban belakang : Swallow, 350-17

Pelek depan   : Rossi, 1,60x17”

Pelek belakang : Rossi, 1,85x17”

Sok belakang  : Variasi

Swing arm     : GL 100

GDZH : (0321) 860040, 0818-0303-0093

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular