Rahasia Honda Nova Dash Jadi 140 cc Dan Ditakuti Di Balapan Malam

Motorplus - Senin, 11 Mei 2015 | 18:50 WIB

Sebenarnya Honda Nova Dash yang punya tampilan ayago alias ayam jago ini sudah dirancang superior untuk kelas bebek 2-tak. Gimana enggak, motor berkapasitas mesin bersih 125 cc ini diset untuk berhadapan langsung dengan Kawasaki Leo, Yamaha 125Z, hingga Suzuki RK-Cool. Tapi, ini rahasia Honda Nova Dash jadi 140 cc dan ditakuti di balapan malam

Sebenarnya dalam keadaan standar pun Nova Dash sudah bisa jadi jagoan jalanan. Namun Amir Hamzah, warga Lubang Buaya, Jakarta Timur yang biasa jadi joki motor ini di balap malam, punya pendapat berbeda. “Torsinya kurang ngisi bor. Perlu dikorek lagi,” tukasnya. Walah…

Untungnya tetangga Odon, sapaan akrab Amir Hamzah, ada yang jago korek motor. Namanya, Muhamad Muslim dari bengkel Kandang Motor Racing (KMR). Oleh pria yang nengok dipanggil Uchil ini, Odon disarankan untuk naikin kapasitas mesin jadi 140 cc. Hasilnya, rahasia Honda Nova Dash jadi 140 cc dan ditakuti di balapan malam, terutama Odon beberapa kali jadi jawara di TMII.

BLOK DAN HEAD

Rahasia Honda Nova Dash jadi 140 cc dan ditakuti di balapan malam digunakanlah piston 59 mm bawaan Suzuki RGR 150 oversize 50. “Dengan stroke standar (52 mm), bila dihitung pakai rumus volume silinder, bersihnya dapat 142,5 cc,” tukas Uchil.

Guna mendapatkan rasio kompresi 5,69 : 1, tinggi exhaust diset 24,7 mm dari bibir liner. Ditambah, “Jarak mendem piston dibikin 0,3 mm dari bibir liner saat di TMA. Lalu, dibuatkan nat setinggi 0,3 mm pada kubah. Volume kubahnya saat diburret (paking head terpasang) jadi 14,2 cc,” sahut Odon.

PENGAPIAN

Sistem pengapian dianut total loss. Magnet standar pada rotor, serta sepul dilepas. Lalu, dikawinkan dengan CDI buatan Thailand yang berkode 1P7. CDI ini punya karakter unlimit. “Mesin bisa bergasing hingga 15 ribu rpm. Timing pengapian pada CDI ini digeser maju sedikit antara 0,15° - 0,3°. Mulai maju pada 3.000 rpm,” tambah mekanik yang punya satu anak ini.

Koil mengandalkan kepunyaaan Yamaha YZ-125 yang punya penghantar panas yang baik. “Yang unik, motor ini hanya mau menyala pakai busi NGK D10S EGV. Selain busi itu, pasti rusak atau meleleh,” tutup mekanik berdarah Betawi yang belajar ilmu korek dari Dodo dan Ipik ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI :

Rasio     : Standar Nova Dash

Membran   : V-Vorce 4

Final gear    : 14-35

Sok depan : Standar

KMR  : 0812-8184-1954

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan




YANG LAINNYA

Tag Popular