Pembalap Spanyol Jadi Raja Di Sirkuit Mugello Italia

Motorplus - Rabu, 27 Mei 2015 | 05:20 WIB

Sudah lima tahun pembalap Spanyol jadi raja di sirkuit Mugello Italia. Yup, sirkuit yang akan menjadi tuan rumah seri ke-6 MotoGP pekan ini (30-31/5). Pembalap Spanyol bukan membajak menggunakan senjata tajam apalagi senjata api. Tapi, mereka membajak menggunakan skill balap tingkat tinggi dan juga fisik yang prima. Makanya, lima tahun terakhir pembalap Spanyol selalu berhasil mengamankan podium tertinggi kelas MotoGP di sirkuit Mugello.

Orang yang paling tidak senang ada pembalap Spanyol jadi raja di sirkuit Mugello Italia sudah pasti Valentino Rossi. Pembalap asli Italia ini bisa dibilang jagoan Mugello. Di kelas MotoGP, Rossi berhasil juara di Mugello 7 kali berturut-turut mulai tahun 2002 hingga 2008. Dominasi Rossi harus berakhir tahun 2009 setelah dirinya terjatuh di Mugello saat sesi latihan dan menyebabkan tulang kaki kanannya patah. Saat itu lomba berhasil dimenangkan Casey Stoner, dan lima tahun sisanya pembalap Spanyol jadi raja di sirkuit Mugello Italia.

Namun, dominasi pembalap Spanyol di Mugello tidak cuma dihiasi satu nama. Ada Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang secara bergantian memenangkan seri Mugello. Lorenzo menjadi yang terbaik dari pembalap Spanyol lain dengan tiga kemenangan berturut-turut. Namun, untuk circuit record masih dipegang oleh Marc Marquez dengan catatan waktu 1 menit 47,639 detik pada tahun 2013 lalu.

Dengan fakta-fakta ini, jalannya balap di seri Mugello dipastikan akan berlangsung seru. Pasalnya, Rossi yang tengah on fire akan berusaha mati-matian di tanah kelahirannya. Pastinya Rossi juga mengejar gelar juara ke 10 di Mugello untuk menambahkan catatan terbaiknya di sirkuit ini. Kita tunggu saja hasilnya. (www.motorplus-online.com

Pembalap Paling Banyak Juara :

1. Valentino Rossi    : 7 Kemenangan
2. Jorge Lorenzo    : 3 Kemanangan
3. Marc Marquez        : 1 Kemenangan

Pembalap Paling Banyak Pole Position :

1. Valentino Rossi     : 5 Poles
2. Dani Pedrosa     : 3 Poles
3. Casey Stoner        : 2 Poles

Circuit Records

Fastest Lap        : Dani Pedrosa : 1 menit 47,157 detik
Circuit Record        : Marc Marquez : 1 menit 47,639 detik
Best Pole        : Dani Pedrosa : 1 menit 47,157 detik
Best Top Speed        : Andrea Iannone (Pramac Ducati) : 349,6 km/jam

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular