Marc Marquez Jatuh Karena Teknik Rem Belakang Di MotoGP Mugello Italia

Motorplus - Minggu, 31 Mei 2015 | 20:42 WIB

Marc Marquez jatuh karena teknik rem belakang di MotoGP Mugello Italia (31/5). Ini kesimpulan sementara dari beberapa data yang didapat MOTOR Plus. Marc Marquez jatuh karena teknik rem belakang di MotoGP Mugello Italia secara enggak langsung sudah ketahuan sejak tes di MotoGP Jerez bulan lalu.

“Cuma Marc Marquez yang teknik ngeremnya beda. Marc ngerem lebih banyak pakai rem belakang. Ini pakai Honda RC213V tahun kalau kebanyakan latebraking dominan rem depan, bencana untuk pembalap Honda,” beber Cal Crutchlow, rider tim LCR Honda.  

Omongan Cal seperti kasih peringatan bro. Tanpa disadari, teknik dan gaya pengereman Marc Marquez efeknya saat seri MotoGP Mugello Italia hari ini (31/5).

“Saya masalah dengan ban belakang. Problem muncul saat dipaksa untuk latebraking. Bagian belakang seperti ngebuang. Saya terpaksa mengontrol ekstra posisi belakang motor,” timpal Marc setelah babak kualifikasi Sabtu (30/5). Tuh, sejak babak QTT Marc sudah merasakan masalah di ban belakang.      

Pas balapan temperatur aspal jadi 48 derajat. Marc Marquez memutuskan menggunakan ban belakang kompon hard. Berbeda sendiri dibanding pembalap lain seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang pakai medium untuk si karet bundar depan-belakang.

Menggunakan kompon hard di ban belakang Marquez tancap gas sejak awal. Teknik late braking yang lebih banyak dominan ban belakang diperagakan untuk mengejar Jorge Lorenzo. Tapi, kelihatan banget Marc enggak bisa menekan Lorenzo.

Akhirnya, Marquez mundur dan bertarung untuk berebut posisi kedua. Di sinilah malapetaka untuk Marc. Pengereman belakang yang dominan supaya muncul gejala sliding dan terus-terusan memaksa jadi bumerang. Lapisan ban cepat tergerus.

Marc Marquez jatuh karena teknik rem belakang di MotoGP Mugello Italia kelihatan banget posisi sebelum jatuh. Motor yang dipakai Juara Dunia MotoGP dua kali ini sliding dan out dari lintasan setelah hampir melewati setengah tikungan.

“Rossi minta supaya motor bisa sliding ban belakang dengan teknik pengereman belakang. Supaya bisa bersaing dengan Marc,” tutup Silvano Galbusera, Kepala Mekanik Valentino Rossi di Movistar Yamaha MotoGP.

Tuh, kan Marc Marquez jatuh karena teknik rem belakang di MotoGP Mugello Italia memang karena juga pede oleh teknik andalannya. (www.motorplus-online.com)           

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular