Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 Untuk Balapan Malam

Motorplus - Kamis, 18 Juni 2015 | 05:31 WIB

Dibuat untuk spek selembaran, tak membuat pacuan Bayu Jason di balapan malam ini hanya menerima lawan dengan spek yang sama pula. Ini modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 untuk balapan malam

“Bisa dibilang ini motor melawan kodratnya, karena terima lawan dari kelas pakingan. Sampai sekarang dari awal tahun ini motor cuma kalah dua kali. Itu pun terpautnya gak jauh lho,” ungkap joki kocak ini sambil menujuk ke arah satu unit Yamaha Jupiter MX jebolan 2008 yang jadi pacuannya.

Padahal menurut Bayu yang sudah cukup lama berkecimpung di balapan malam, tunggangannya kali ini speknya tidak terlalu istimewa ketimbang lawan-lawan mainnya di lintasan lurus 201 m. “Kita bahkan sering dituduh macem-macem deh. Segala maen pakai magic lah, apa lah. Padahal, motor ya begini adanya,” tukas Bayu.

Sampai segitunya ya? Ngemeng-ngemeng ubahan modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 untuk balapan malam, bor?

HEAD SILINDER

Untuk spek terkni, kita langsung aja tanya mekaniknya, yaitu Agus Supriyadi dari bengkel Langit Speed Evolution. Menurut penuturan Agus, di bagian kepala silinder ia hanya mengganti klep bawaan Jupiter MX yang berukuran 19/17 mm (in/ex), pakai kepunyaan Satria F-150 yang berukuran 21/19 mm (in/ex).

Untuk noken as, pria asal Purwokerto, Jawa Tengah ini masih mengandalkan kem bawaan pabrik. Namun, dikustom ulang durasinya jadi 280°, baik in maupun ex-nya. “Saya sendiri yang merancang noken as-nya. Sebenarnya ini salah satu rahasia di balik kencengnya Jupiter MX ini,” bisik Agus yang bengkelnya ngendon di Jl. Bendungan Jago Raya RT.07/RW.06, Kemayoran, Jakarta Pusat.

ISI SILINDER

Piston sekarang pakai ukuran 62,99 mm, yang dipadukan dengan stroke standar. Sehingga, kapasitas silinder bengkak jadi 180 cc. Uniknya, tidak seperti kebanyakan motor-motor balap malam yang kompresinya diatur setinggi-tingginya agar bisa minum bensol, Agus justru mengeset kompresi di angka 12,5 : 1. Sehingga, pacuan Bayu hanya butuh oktan 95 atau setara Pertamax Plus sebagai bahan bakarnya. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi

CDI  : BRT

Knalpot   : Standard bobokan

Karbuartor    : Standar reamer 28

Langit Speed Evolution  : 0813-8583-7943

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular