Rahasia Suzuki Satria F 150 200 cc Runner Up Kejurnas Drag Bike

Motorplus - Selasa, 7 Juli 2015 | 20:46 WIB

Ini rahasia Suzuki Satria F 150 200 cc runner up kejurnas drag bike yang dipakai Galih Dwi beberapa minggu lalu di Pekalongan, Jawa Tengah. Padahal menurut Arif Sigit Wibowo lias Pele sang mekanik, ini masih riset. Karena tahun lalu masih pakai Jupiter Z.

Apa rahasia Suzuki Satria F 150 200 cc runner up kejurnas drag bike korekan mekanik yang menangani tim Kawahara Tri Jaya Sakti Pells ini. Yuk intip.

KLEP

Lama bermain dengan Jupiter yang SOHC, begitu dihadapkan pada mesin DOHC, awalnya Pele kagok. Makanya, ubahan pertama yang diterapkan tak terlalu ekstim.

"Diameter klep tergolong besar untuk mesin DOHC (in/ex : 22/19 mm). Sehingga dengan ubahan yang tidak terlalu ekstrim, akselerasinya sudah bisa kencang," bebernya. Tapi, biar dapat power dan torsi gede, klepnya diganti keluaran Kawahara berdiameter 25/22 mm.

BORE UP

Buat ngejar 200 cc, bore up pakai piston 72 mm yang juga keluaran Kawahara. Stroke dibiarkan standar (48,8 mm). Namun stang pistonnya kepunyaan Honda Tiger diyakini lebih kuat. Dengan profil piston jenong, rasio kompresi mampu dipatok 14,2 : 1. Bahan bakarnya pakai bensol.

PENGAPIAN

Sektor pengapian diseting ulang mengandalkan CDI Kawahara. "Mapping tertinggi timing pengapiannya diset 40 derajat sebelum TMA, itu pada putaran mesin 6.000-9.000 rpm," jelas pria yang bengkelnya di Kp. Tinawas RT 02/01 Kec. Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.

RASIO TRANSMISI

Usai tenaga mesin melonjak, selanjutnya Pele mengolah rasio transmisi 6-speednya. Gigi 3 dan 4, dibiarkan standar. Sedangkan I diramu jadi 15/32, gigi II = 15/24, V = 22/23 dan VI = 23/22. Dengan racikan terebut, performa motor dirasa semakin bertenaga dari putaran bawah sampai atas. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Klep               : Kawahara

Karburator         : PWK 33

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular