Modifikasi Honda Tiger Untuk Adventure Gaya Yamaha YZ250F

Motorplus - Jumat, 31 Juli 2015 | 19:06 WIB

Brother Aan asal Puerto Rico alias Purwokerto, Jawa Tengah, hobi banget blusukan. Bahasa kerennya, adventure. Berbagai macam pacuan cakar tanah sudah dicoba. Namun pengusaha bengkel mobil dan counter HP Tiara Cell ini kurang puas performa motor lokal. Akhirnya, ide liar keluar. Modifikasi Honda Tiger untuk adventure gaya Yamaha YZ250F

Makanya segelondong sasis YZ250F 2010 diboyong dari Banyumas untuk diracik model adventure rasa Indonesia. “Caranya engine swap mesin Tiger pada. Perlu banyak penyesuaian, sebab dimensi mesinnya berbeda,” cuap Diro dari bengkel Dr. MX di Jl. Sunan Bonang No. 11, Tambaksari, Purwokerto.

BRAKET MESIN

Engine swap modifikasi Honda Tiger untuk adventure gaya Yamaha YZ250F, Diro fokus pada engine mounting. Pelat adaptor yang dipakai 3 mm. Posisi pemasangannya menyesuaikan dudukan mesin Tiger yang bongsor. Down tube yang buat gendong mesin turut disesuaikan mesin Tiger. Sedangkan dudukan belakang dirancang ulang, karena dudukan Tiger lebih lebar.

SOK

Kinerja suspensi jadi prioritas untuk modifikasi Honda Tiger untuk adventure gaya Yamaha YZ250F. “Seperti sok depan pakai WP Suspension seri competition yang memiliki berbagai macam fitur setingan suspensi, sehingga bisa menyesuaikan kondisi trek adventure,” cuap pria ramah ini. Untuk monosok, dipakai juga merek WP Suspension.

PELEK DAN BAN

Mengimbangi kemampuan sokbreker handal, pilihan ban jatuh pada merek Maxxis yang memiliki grip kasar khas motocross untuk modifikasi Honda Tiger untuk adventure gaya Yamaha YZ250F. Ban 80/100-21 dan belakang 120/100-18. Kombinasi ban ini dirangkai dengan pelek berlabel Takasago Excel 1,60x21 dan 1,85x18.

KNALPOT

Menunjang komponen mesin, knalpot ditukar produk FMF original. Namun perlu ada penyesuaian. Sebab leher knalpot FMF tidak sesuai lubang knalpot Honda Tiger. Ahasil Diro merombak leher knalpot sesuai dengan lubang dudukan mesin Tiger. Namun lehernya dibuat knock down, agar mudah saat maintenance.

BODI DAN SASIS

Untuk bodi, masih utuh segelondong sasis dan bodi dari YZF 250 tahun 2010. Termasuk setang T03 dan handle kopling dan rem Zeta. Untuk ke depannya, rencana akan menanggalkan komponen ban pacul. Sebab Aan lagi demen main supermoto. Tentu saja bodi akan dibuat khas supermoto dengan sepatbor pendek termasuk decal menarik. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Handel rem         : Zeta

Dr. MX             : 0815-48817226

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular