Rumus Yamaha Jupiter Z Juara Di Trek Beton Yamaha Cup Race Padang

Motorplus - Sabtu, 11 Juli 2015 | 08:00 WIB

Meski turun di sirkuit beton, tak menjadi halangan buat Fedri Efendi jadi juara. Gelaran One Make Race (OMR) Yamaha Cup Race (YCR) 2015, yang diselenggarakan di sirkuit Lanud Tabing, Padang, Sumatera Barat, mempunyai kesulitan tersendiri buat pada pembalap. Permukaan sirkuit beton. Tapi, ada rumus Yamaha Jupiter Z Juara di trek beton Yamaha Cup Race Padang.

Rumus Yamaha Jupiter Z Juara di trek beton Yamaha Cup Race Padang menyangkut usia ban di sirkuit yang panjangnya 920 meter. “Permukaan beton bikin boros ban, jadi harus pintar menjaga kondisi ban,” ucap Fedri, pembalap asal Riau ini. Hasilnya, ia bisa mempertahankan posisi terdepannya sepanjang race berlangsung di kelas YCR 1.

Yuk, diintip ubahannya, bro!

KAPASITAS SILINDER

Agar bisa berlaga di kelas YCR 1, tentunya kapasitas silinder butuh penyesuaian. Diantaranya, penggunaan piston FJN yang mempunyai diameter 55,25 mm. Dengan jenong piston 3 mm, dan jarak mendem piston ke bibir blok (saat TMA) dibikin 0,4 mm, didapatkan rasio kompresi mesin sebesar 12 : 1.

HEAD SILINDER

Untuk mengimbanginya, diameter klep dipakai kepunyaan Honda Sonic yang berukuran 28/24 mm (in/ex) dengan diameter batang klep 5 mm. Sedangkan untuk durasi kem-nya, dibikin 277° untuk in dan ex. Hitungannya, kem in membuka di 35° BTDC (sebelum TMA) dan menutup di 62° ABDC (setelah TMB). Sedang ex-nya membuka 62° BBDC (sebelum TMB) dan menutup di 35° ATDC (setelah TMA). Lalu, LSA-nya dibentang 103°. Tinggi angkatan klepnya, diset 9,3 mm.

PENGAPIAN DAN KARBURATOR

Pengapiannya menggunakan CDI Racing keluaran Rextor dengan tipe Pro Drag. CDI ini terasa pas dikombinasikan dengan pemantik api alias koil kepunyaan Yamaha YZ 125. “Supaya lebih gesit, bobot magnet dibuang. Sekarang menjadi 600 gram,” jelas Taufik Mantep, mekanik dari tim Suhandi Padang 88 Futami 17. Sedangkan part untuk pengkabut bahan bakar, mengandalkan andalkan karburator dari UMA yang berventuri 28 mm. Racikan spuyernya, menggunakan pilot jet 45 dan main jet 112 untuk dilewati bahan bakar Pertamax Plus.

TRANSMISI

Terakhit, rumus Yamaha Jupiter Z Juara di trek beton Yamaha Cup Race Padang trek yang punya 13 tikungan yang berkarakter high speed dan parabolic, gigi transmisinya diubah lebih close. Hitungannya, gigi I (13/36), gigi II (16/29), gigi III (21/29), gigi IV (23/26). Terakhir, final gearnya menggunakan kombinasi 14/42 mata. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi :

Ban depan : FDR MP76 90/80-17

Ban belakang  : FDR MP76 90/80-17

Sok belakang  : Ohlins

Knalpot   : AHM

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular