Yamaha R 15 Jagoan Sunday Race

Motorplus - Kamis, 30 Juli 2015 | 05:39 WIB

Ajang Yamaha Sunday Race R-Cup Seri kedua yang digelar di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat terasa sangat berbeda dibanding sebelumnya. Time pun semakin tajam yang posisi 1-5 bisa tembus 1 menit 51 detikan. Yamaha YZF R-15 yang ditunggangi Febrianus Balank dari tim R9 Factory Racing jadi yang tercepat. Penasaran dengan Yamaha R 15 jagoan Sunday Race? Simak terus modifikasinya dibawah ini.

KAPASITAS SILINDER

Regulasi untuk motor R15 yang berlaga diajang Sunday Race, boleh bore up sampai batas maksimal 180 cc. Piston yang digunakan oleh Nazarrudin alias Najor selaku chief mekanik dari R9 store mengambil kepunyaan UMA Racing diameter 62 mm. Jika dihitung, kapasitas silindernya jadi 177 cc.

HEAD SILINDER

Kelas Yamaha R 15 jagoan Sunday Race dibikin in 23 mm dan ex 20 mm. Noken as-nya standar kustom, durasi in dibikin 252° dan ex-nya 253°. Rinciannya, kem in membuka 22° sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup di 52° setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedang ex membuka 52° sebelum TMB dan menutup di 23° setelah TMA. “Tinggi angkatan klepnya, in diset 7,63 mm sedang ex-nya 7,71 mm,” ucap Najor.

SISTEM PENGKABUTAN DAN PENGAPIAN

Supaya udara yang masuk lebih banyak untuk Yamaha R 15 jagoan Sunday Race, menggunakan throttle body (TB) 32 mm. Biar asupannya lebih lancar, moncong TB pakai velocity stack kustom bahan aluminium. “Velocity pendek ini, lebih cocok buat karakter balapnya Balank yang doyan stop n go. Sebelumnya, bentuknya lebih panjang, lebih ke karakter yang doyan gantung gas di putaran mesin tinggi,” beber Najor. Injektornya juga diimbangi, dengan menggunakan injektor yang punya daya semprot 140 cc/menit.

Untuk pengapiannya, seperti ECU dan koil masih andalkan part standarnya. Hanya saja, ECU sedikit di kustom untuk menggeser limiter dan timing. Sedangkan magnetnya dibubut, sekarang jadi 900 gram. (www.motorplus-online.com)

Foto: Teguh

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Corsa R46 90/80-17

Ban belakang  : Corsa R46 120/60-17

Per klep      : R9 Racing

Per kopling   : R9 Racing

Knalpot       : R9 Racing

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular