Cafe Racer Gabungan Mesin Yamaha XS650 Dan Rangka Suzuki GT380

Motorplus - Minggu, 30 Agustus 2015 | 07:11 WIB

Pas banget nih, abis Lebaran pasti banyak yang kawin, ehh.. nikah maksudnya, hehehe… Tapi, yang ini bukan kawinnya sepasang manusia ya, bro! Maksudnya, cafe racer gabungan mesin Yamaha XS650 dan rangka Suzuki GT380.

“Konsep motor ini ‘capek resek’, plesetan dari café racer. Capek nyetirnya, resek bawaannya, hihihi… Rada beda layaknya café racer yang lain, yang ini tanpa buntut tawon,” beber Muhammad Jihan Effendi alias Jienk. Nah loh, jadi yang bener konsepnya apa nih, bor?

KAKI-KAKI

Pelek, pake mudaan untuk cafe racer gabungan mesin Yamaha XS650 dan rangka Suzuki GT380. Buat ngangkat gengsi, begitu kata empunya. Pelek TK Racing diameter 19 inci dan lebar 3,50 inci di belakang, dikawinkan tromol GT380 yang punya diameter 10 inci. “Sedang sok depan, kepunyaan trail tua. Dapetnya pun di rongsokan, makanya kuping kanan-kirinya hilang,” jelas Jienk.

RANGKA GT380

Sebelumnya, pernah bangun XS650 juga dengan frame Binter Merzy. Namun terlalu banyak ubahannya, makanya Jienk menjatuhkan pilihannya ke frame GT380. “Lebar sasis dibikin ramping, pasalnya GT380 usung mesin 2-tak yang lebih lebar. Lalu ‘aisan’ atau frame vertikal yang posisinya di tengah diubah sedikit, supaya mesin XS650 bisa pas,” ucap Jienk yang juga tergabung di Bikers Brotherhood Indonesia Mother Chapter Bandung sejak 1999.

TANGKI CUSTOM

Buat nonjolin cafe racer gabungan mesin Yamaha XS650 dan rangka Suzuki GT380 mesin dibikin keluar dari bodi motor, tangki dibikin ramping. Menggunakan pelat aluminium, tangki dibentuk ulang dan di-repaint biru. “Kini hanya bisa menyimpan bensin 6-7 liter. Makanya kalau lagi turing, sering kangen sama pom bensin,” tutup Jienk.

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Avon MK II 350-19

Ban belakang  : Avon MK II 350-19

Jok           : Custom

Slang rem      : TDR

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular