Info Lengkap Soal Radiator Coolant

Motorplus - Kamis, 3 September 2015 | 11:46 WIB

Motor yang sudah dilengkapi radiator, tentunya fungsi cairan pendingin amat vital. Soalnya jika sampai habis, tentunya bakal berefek fatal. Karena itu bro, lanjut deh baca nih info lengkap soal radiator coolant.

“Pernah tuh motor saya mogok enggak mau nyala, pas dicek enggak ada masalah di mesin. Tapi ternyata, air radiatornya habis,” papar Zulfikar Adi Nugroho yang mengandalkan Honda Vario lansiran 2007.Tuh, penting banget info lengkap soal radiator coolant.

Saat ini beredar mitos bahwa penggunaan air radiator untuk mobil lebih baik jika dipergunakan untuk motor karena memiliki kinerja untuk mendinginkan mesin yang lebih baik. Benarkah demikian?

Untuk membuktikannya EM-Plus langsung saja tanyakan pada Suwanto, pemilik bengkel Dhea Teknik Radiator yang memang khusus menangani masalah radiator. Bengkel ini tidak hanya menangani masalah radiator motor saja, radiator mobil hingga alat berat juga bisa ditangani oleh Suwanto. Ini bagian info lengkap soal radiator coolant

“Pada dasarnya, penggunaan air radiator mobil untuk motor itu sama-sama saja. Dalam artian, tidak terlalu banyak mempengaruhi kinerja radiator itu sendiri. Karena, kandungannya sama saja. Yang mempengaruhi kinerja radiator itu adalah urusan perawatannya saja,” terang Suwanto yang buka di Jl. Irigasi Rt 09/03 No.84, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur ini.

Lalu, apakah penggunaan air radiator mobil untuk motor memiliki efek negatifnya? “Saya punya beberapa pelanggan yang beberapa kali menggunakan air radiator untuk mobil. Tapi sejauh ini, sama sekali tidak ada efek negatifnya juga positifnya. Artinya, sama-sama berfungsi dengan baik, asalkan radiatornya sendiri berada dalam kondisi baik dan terawat,” lanjutnya.

Sipnya, info lengkap soal radiator coolant kalau produsen menyediakan pilihan radiator coolant untuk mobil dan juga motor. “Pakai radiator coolant galonan buat mobil lebih hemat, ambil contoh merek Seiken dibanderol Rp 30 ribu untuk kemasan 1 liter, kalau beli yang punya mobil cuma Rp 100 ribu bisa dapat 4 liter,” pungkas Anita, Marketing TODA di Jl. Radio Dalam Raya No. 12, Jakarta Selatan.

TATA CARA PENGGUNAAN COOLANT

info lengkap soal radiator coolant semakin sip Suwanto bilang penggunaan cairan coolant pun memiliki tata caranya sendiri. Jika memiliki motor yang memiliki sistem radiator maka cukup pergunakan salah satu jenis saja antara air biasa apa radiator coolant. Jangan sekali-sekali diganti-ganti.

“Radiator coolant itu ada baiknya digunakan untuk motor-motor baru. Jadi kalau baru beli motor langsung diisi radiator coolant saja. Tapi jika punya motor lama dan sudah seringnya pakai air biasa jangan sekali-sekali diganti dengan coolant,” saran Suwanto.

Penyebabnya, “Air radiator biasa itu sering bikin jalur di radiator berkarat. Sementara coolant memiliki senyawa anti karat yang bisa merontokkan karat itu, tapi justru bikin lubang di jalur air dan jalur oli yang bisa tercampur. Ini bisa bikin rusak dan makan biaya tambahan,” jelasnya. Semoga nih info lengkap soal radiator coolant bisa bermanfaat. (www.motorplus-online.com)

DAFTAR HARGA

Prestone Radiator Coolant 1 liter      Rp 50.000

Megacool  1 liter                      Rp 25.000

Long 1 liter                          Rp 25.000

Long 5 liter                         Rp 75.000

Seiken Coolant iliter                 Rp 29.000

Honda All Season Pre Mix     1 liter      Rp 28.000

Prestone Super Extend   1 liter       Rp 71.000

Mobil 1 ukuran 1 liter                Rp 92.000

Seiken Bear Brand Coolant 4 liter          Rp 125.000

Master Radiator Coolant 4 liter       Rp 62.000

Reco Cool 4 liter                     Rp 125.000

Prestone Super Coolant  4 liter        Rp 162.000

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular