Yamaha Mio Juara Fun Race Pakai Kem Spek Drag Bike

Motorplus - Rabu, 16 September 2015 | 05:55 WIB

Matic andalan tim CLD BOSS (Bogor Speed Shop) lumayan lah, untuk fun race D’Event beberapa waktu lalu (9/8) di sirkuit Gokart Sentul, Jawa Barat, Yamaha Mio jebolan 2013 ini berhasil fight hingga finish di urutan kedua kelas Matik Yamaha. Rumusnya Yamaha Mio juara fun race pakai kem spek drag bike.

“Keunggulan pakai kem spek drag, power di putaran atasnya lebih kuat. Memang sih bawahnya agak kurang, tapi bisa ketolong dengan setingan CVT dan skillnya Prayoga selaku joki,” papar Roma MH Sipahutar, mekanik BOSS yang bermarkas di Jl. Arya Suryadilaga, Ruko Pancasan No. 50F, Cibalagung, Bogor, Jawa Barat.

HEAD

Untuk mendongkrak power dan torsi Yamaha Mio juara fun race pakai kem spek drag bike, kepala silinder dijejali klep lebar, agar asupan gas dan pembuangan gas sisa lebih lancar. Diameter payung klepnya yaitu 28/24 mm (in/ex). Sementara per klepnya pakai bikinan CLD. Tentunya saluran masuk dan buang ikut dikorek.

Ditambah mekanisme buka tutup klep, aplikasi noken as dengan spek untuk drag. Durasinya 276 untuk bagian in dan 277 untuk ex. Rinciannya, klep in membuka di 34 sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan nutup di 62 setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedang exhaust valvenya membuka di 62 sebelum TMB, lalu menutup di 35 setelah TMA.

SILINDER

Untuk part penggebuk kompresi Yamaha Mio juara fun race pakai kem spek drag bike, mengandalkan piston FIM yang memiliki diameter 57,5 mm. Bila dihitung pakai rumus, kapasitas mesin terdongkrak jadi 150 cc. Perbandingan kompresi diset bermain di angka 12,6:1.

KARBURATOR

Keihin PWK yang memiliki venturi sebesar 28 mm, ditugaskan untuk mengkabuti bahan bakar. Setingan pilot jet dan main jet dipatok pada angka 52/120. Bahan bakarnya pakai Pertamax Plus.

CVT

Mempercayakan big pulley berlabel RRGS, dengan kombinasi ukuran roller 7 gram dan 8 gram. Sementara setingan per CVT pakai ukuran 2.000 rpm, serta per kampas ganda 1.000 rpm. “Kalau rasio gigi reduksinya saya custom. Cuma ini masih tahap riset, saya belom bisa beberkan,” terang Roma. (www.motorplus-online.com)

Data Modifikasi:

Ban depan : FDR Sport MP 90/80-17

Ban belakang  : FDR Sport MP 90/80-17

CDI  : BRT

Koil : YZ125

Knalpot   : CLD C3

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular