Substitusi Pelek Yamaha Jupiter MX 135LC Untuk Yamaha MX King

Motorplus - Minggu, 22 November 2015 | 20:23 WIB

Ukuran pelek belakang Yamaha MX King yang berukuran 2,5 inci, rupanya bukan selera semua biker. Bagi beberapa penggunanya, ukuran segitu dirasa terlalu lebar dan bikin pengendalian jadi gimana gitu. Tambahan lagi, ukuran pelek depannya juga terlalu ramping. Nah, ini substitusi pelek Yamaha Jupiter MX 135LC untuk Yamaha MX King.

“Ukuran pelek belakangnya sama depannya terlalu jomplang. Secara estetika, kalau saya mau adopsi gaya racing, jadi tidak cocok. Makanya saya coba ganti pakai pelek palangnya Jupiter MX lama ukuran 1,85 inci,” ujar Alif Kurniawawan, owner ANR Motor yang punya MX King.

Substitusi pelek Yamaha Jupiter MX 135LC untuk Yamaha MX King dalam pemasangannya ternyata tidak bisa langsung bolt on. Butuh beberapa penyesuaian, terlebih untuk pelek belakangnya. Soalnya, ukuran laher roda MX lama berbeda dengan MX King. Di MX lama pakai 6301, sementara MX King ukurannya 6202.

“Jadi, dudukan atau rumah laher di hub pelek MX 135 terlalu besar. Jika ingin tetap pakai laher dan as roda bawaan MX King, maka rumah laher roda di pelek MX lama itu harus dikecilin,” papar Alif. Trus piye, bro?

Caranya, “agar laher roda MX King bisa terpasang di hub pelek MX 135, mau tak mau pakai sistem bosh. Kira-ketebalan boshnya sekitar 2 milimeter,” terang Sobirin, dari Birin Motor di Kebon Jeruk V, Jakarta Barat yang garap ubahannya.

Selain itu, bagian belakang nap gir MX King juga harus dipapas sedikit sekitar 1 milimeter, supaya bisa masuk ke pelek MX 135. “Oh iya, piringan cakramnya juga harus pakai kepunyaan MX lama ya. Soalnya, dudukan cakramnya berbeda,” tambah Sobirin.

Sementara untuk bagian depan, tidak perlu ada bagian yang dibubut, karena ukuran lahernya sama. “Paling hanya harus ganti piringannya pakai milik MX lama,” tutupnya. Siapa mau coba substitusi pelek Yamaha Jupiter MX 135LC untuk Yamaha MX King. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular