New Honda Sonic 150R Runner Up Kejurnas

Motorplus - Senin, 5 Oktober 2015 | 05:02 WIB

Baru diluncurkan awal Agustus lalu, New Honda Sonic 150R sudah menebar ancaman di ajang Kejurnas Seri 4, di Sirkuit Bukit Peuasar, Tasikmalaya. New Honda Sonic 150R runner up kejurnas  yang dipacu Danny Keder dari Honda Kawahara Racing IRC KYT itu, mampu finish kedua kelas 150 cc Race 2.

Basic motor ini memang sudah responsif. Hanya sedikit oprek untuk memaksimalkan performanya, agar lebih enak lagi digebernya. Tapi, dalam melakukan upgrade mesin, daya tahan harus diutamakan,” bilang Suhartanto, kepala mekanik Honda Kawahara Racing IRC KYT yang garap New Honda Sonic 150R runner up kejurnas.

SILINDER

Untuk memaksimalkan muntahan power dan torsi New Honda Sonic 150R runner up kejurnas, tunner akrab disapa Kupret ini mengganti piston standar (57,3 mm) pakai keluaran Kawahara berdiameter 57,7 mm. Bila dihitung, kapasitas mesin jadi 151 cc. Lewat piston ini pula, rasio kompresi diset di angka 12,5:1, lantaran punya dome lumayan tinggi.

HEAD

Selain porting polish guna mengail flow, durasi dan angkatan klep diatur ulang lewat profil kem. Klep in diset membuka 30° sebelum TMA, menutup 58° setelah TMB (durasi 268°), dengan tinggi angkatan 8,7 mm dan LSA 105°.

Sedang ex membuka 55° sebelum TMB dan menutup 35° setelah TMA (durasi 270°). Lift-nya dipatok 8,7 mm, dengan LSA 103°. Oh iya,  sebelumnya keempat klep (2 klep isap dan 2 klep buang) diganti pakai produk kawahara ukuran 23/19,5 mm (in/ex).

ECU

Buat New Honda Sonic 150R runner up kejurnas menyesuaikan debit bahan bakar dan timing pengapian, andalkan ECU aRacer. Mappingnya pun menyesuaikan karakter sirkuit Bukit Peusar. “Karena cuaca agak dingin di sirkuit, setingan dibikin agak kering di rpm tengah hingga atas. AFR (Air Fuel Ratio)-nya main di 12,8 : 1,” terang Kupret.

THROTTLE BODY

Untuk injektor, masih pake bawaan. Dipasang pararel alias 2. Satu di moncong throttle body dan satu lagi di intake manifold. Sedangkan Throttle Body (TB), mengandalkan milik All New Honda CB150R StreetFire yang direamer lagi venturinya jadi 32 mm. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan-belakang : IRC Fasti, 90/80-17

Knalpot            : Kawahara

Sokbreker belakang : Kawahara

Footstep           : Kawahara

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular