Modifikasi Honda Tiger Siap Jadi Supermoto

Motorplus - Selasa, 10 November 2015 | 22:00 WIB

Basic dasar supermoto yang bisa riding dua alam, bikin Olan asal Brebes, Jawa Tengah, kepincut. Racikannya kombinasi mesin Honda Tiger dengan tambahan komponen sokbreker panjang dari motor Monstrack. Hasilnya mesin Honda Tiger diubah jadi supermoto.

mesin Honda Tiger diubah jadi supermoto menyesuaikan kebutuhan turing Olan. Pilihan part dan komponen penunjang tampilan memiliki fungsi dominan buat blusukan di jalanan keriting dan nyaman di aspal. Seperti permainan sokbreker depan-belakang dan handling yang cocok dengan postur bergaya supermoto.

SOK DEPAN

“Komponen sokbreker depan comot punya Monstrack trail, aplikasi ini mengejar fungsional. Lebih enak buat manuver dan ambil jalan pintas jika ketemu lubang besar. Jadi, sangat nyaman untuk manuver agresif,” papar Opix, modifikator TRC di daerah Talang, Tegal, Jawa Tengah yang garap Tiger Olan.

SOK BELAKANG

Untuk suspensi belakang Honda Tiger diubah jadi supermoto, Opix comot racikan kombinasi lengan ayun Monstrack sepaket dengan monosoknya. Jadi, lebih enak dirangkai agar handling lebih sigap. Cara pasangnya menyesuaikan dudukan atas monosok lebih tinggi sesuai postur sok Monstrack dengan membuat dudukan baru dari pelat 3 mm yang nemplok pada sasis bagian bawah jok.

TAMPILAN BODI

Penunjang tampilan mesin Honda Tiger diubah jadi supermoto, performa bodi menggunakan racikan kombinasi Monstrack juga. Contohnya untuk bodi set belakang dan panel set tangki termasuk sayap. Aplikasi bodi ini menggunakan sistem bolt on, sehingga tidak merusak konstruksi sasis dan mudah dalam penerapan. Makanya estetika terlihat dinamis, ditambah finishing decal handmade dengan label gaya balap sebagai identitas.

SASIS

Meski mayoritas bodi memakai produk Monstrack, namun untuk sasis Opix bikin ulang. Sebab dimensi mesin Honda Tiger lumayan gambot. Makanya untuk sasis utama memakai material pipa 0,5 inci. Konstruksinya dibuat kuat mendekap mesin. Termasuk untuk down tube depan, sederhana namun kuat. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Pirelli 120/60-17

Ban belakang  : Brigestone 180/55-17

Pelek depan   : V-Rossi 3,50X17

Pelek belakang : V-Rossi 4,50X17

Setang        : Fatbar

Knalpot       : Variasi

Swing arm     : Monstrack

Sok depan     : Monstrack

TRC           : 0857-1528-6217

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular