Cara Bikin Kepala Baut Enggak Gampang Slek

Motorplus - Rabu, 9 Desember 2015 | 07:05 WIB

Ada baut-baut tertentu seperti nipel rem umumnya berbentuk persegi enam, pengerjaan dengan menggunakan kunci pas model letter U. Gak bisa pakai kunci ring, karena slang pembuangan misalnya. Nah, pakai kunci pas ini kadang baut nipel mudah slek. Supaya enggak slek, ada cara bikin kepala baut enggak gampang slek.

Cara bikin kepala baut enggak gampang slek bisa gunakan kunci khusus. Tuh, kayak gambar di halaman ini. Modelnya seperti kunci ring membulat, “Namun di ujungnya gak utuh. Seperti terpotong sedikit. Ini fungsinya dipakai di baut yang menonjol seperti di nipel rem. Dengan kunci ini, lebih mengikat hampir seluruh permukaan kepala baut atau mur,” kata Sukandi Endah, mekanik Otomotif Service Station (OSS) di Jl. Panjang No.8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Untuk komponen tertentu seperti di motor yang ada slangnya, kudu siapkan kunci ini. Potongannya ini berfungsi agar slang bisa masuk. “Karena penggunaannya khusus, ukuran kunci ini memang tidak banyak. Menurut Sukandi, kunci nipel ini ukurannya ada 4. Yakni 8, 10, 12 dan 14,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular