Yamaha Vega R Jawaranya Grasstrack Di Pekanbaru

Motorplus - Kamis, 7 Januari 2016 | 05:47 WIB

Yamaha Vega R yang dibesut oleh Pranata Purba, dari Purba Racing Team ini, berhasil jadi juara di kelas Bebek Modif 4T s/d 130 cc Junior. Itu terjadi dalam event Grasstrack Corsa Eben Heizer November lalu. Kuncinya Yamaha Vega R jawaranya grasstrack di Pekanbaru ini menurut Ilhamsyah selaku sang tunner, adalah memaksimalkan seluruh sektor.

“Kita tidak mau setengah-setengah dalam melakukan ubahan di motor. Tak cuma fokus di mesin saja. Semua sektor kita garap secara maksimal,” ungkap mekanik yang kerap disapa Kentung, juruk korek Yamaha Vega R jawaranya grasstrack di Pekanbaru.

KAKI-KAKI

Sektor ini juga sangat menentukan kemampuan motor dalam berlari cepat dan bermanuver ekstrem di arena grasstrack. Makanya kaki-kaki dibikin kuat dan stabil buat di medan off-road. Untuk sokbreker depan, Kentung memilih andalkan milik Yamaha YZ 125. Sementara belakangnya pakai merek Kayaba. Namun swing arm diganti dulu pakai punya Kawasaki Kaze-R yang lebih panjang dan lebar ketimbang bawaan motor. Sehingga bikin ayunan belakang lebih ‘main’ dan cocok untuk melibas trek tanah.

SILINDER & HEAD

Piston standar Yamaha Vega R jawaranya grasstrack di Pekanbaru digusur dengan piston berlabel Hi-Speed berdiameter 54 mm. Jika dihitung pakai rumus, maka kapasitas Vega yang hanya 110 cc naik jadi 123,6 cc. Untuk mendukung volume silinder yang meningkat, klep diganti dengan yang berdiameter payung lebih lebar, yakni pakai punya Honda Sonic ukuran 28/24 mm (in/ex). Profil noken as juga dirancang ulang oleh Kentung dengan durasi 280° untuk in, dan 295° untuk ex-nya.

KARBURATOR

Buat mengabut bahan bakar, Kentung yang bukan penulis ini, andalkan Keihin tipe PWK, dengan diameter venturi 28 mm. Ukuran spuyernya, pilot jet pakai ukuran 52 dan main jet 135. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI :

Ban : Corsa

Sokbreker depan : Yamaha YZ 125

Sokbreker belakang : Kayaba

Karburator : Keihin PWK 28

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular