Bersihin Injektor Bikin Irit?

Motorplus - Sabtu, 23 Januari 2016 | 10:42 WIB

Jangan pernah menyepelekan kondisi injektor motor yang kotor. Karena selain berpengaruh terhadap performa tunggangan, konsumsi bensin juga lebih boros bro. Gak percaya bersihin injektor bikin irit? Kita tes aja langsung, yuk!

Pengetesan bersihin injektor bikin irit menggunakan Honda Spacy FI keluaran 2012 milik salah satu awak EM-Plus yang memang sejak awal pembelian tidak pernah diservis. Weleh.. males amat ya, hehehe…

Metode pengujian bersihin injektor bikin irit disamakan. Motor dikendarai sejauh 45 km di jalanan ibukota, dengan kecepatan tertinggi dipatok 80 km/jam. Bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax. 

Kemudian konsumsi bensin dihitung pakai metode full to full. Nah, saat kondisi injektornya belum dibersihkan, Spacy FI ini terhitung meminum 0,8 liter untuk jarak 45 km. Atau artinya, 1 liter Pertamax mampu menempuh jarak 56 km. 

Selanjutnya, injektor dibongkar untuk dibersihkan menggunakan injector cleaner. Kelar itu, motor dibawa jalan lagi dengan jarak dan cara berkendara yang sama oleh satu rider. Hasilnya, untuk jarak 45 km, Spacy kini hanya meminum 0,67 liter Pertamax, alias 1 liternya mampu menempuh jarak 67 km.

Cukup signifikan kan bedanya? Jadi, kalau usia pakai motor injeksi ente sudah lebih dari setahun atau tarikannya sudah mulai boyo (lelet) dan boros bensin, coba deh bersihkan injektor dan throttle bodynya! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular